Kisah Dendam Neoptolemus, Anak Achilles Tak Terima Ayahnya Dibunuh

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 16 Februari 2023 | 10:00 WIB
Achilles memiliki seorang anak bernama Neoptolemus. (The Collector)

Nationalgeographic.co.id—Achilles adalah prajurit terkuat dan berani di Yunani kuno. Dia juga dikenal memiliki kelemahan yang berada di tumitnya.

Dikutip Greek Legends, Achilles tidak pernah digambarkan dalam sejarah Yunani sebagai pria yang sudah menikah. Namun, dia memiliki hubungan dekat dengan Patroclus. Patroclus adalah pahlawan putra Menoitios. Dia disebut sebagai kekasih pria atau sahabat Achilles.

Semua itu menimbulkan spekulasi bahwa Achilles adalah seorang gay. Terlepas dari desas-desus tentang kecenderungan homoseksualnya, Achilles memiliki seorang putra, yang lahir dari perselingkuhan singkat selama Perang Troya

Namun, fakta tersebut masih dipertanyakan. Terlebih ketika pertemuan Achilles dengan selir cantiknya bernama Briseis. Saat memasuki Perang Troya, Briseis, putri pendeta Troya dari Apollo bernama Chryses, diberikan kepada Achilles sebagai hadiah perang.

Ketika Raja Orang Yunani Agamemnon mengambil alih Briseis untuk dirinya sendiri, Achilles mengungkapkan kemarahannya. Tentu saja, hal itu tampaknya menunjukkan bahwa Achilles setidaknya memiliki minat pada wanita terlepas dari apa pun hubungannya dengan Patroclus. Jadi, siapakah anak Achilles?

Kisah Achilles dan Ibunya, Thetis

Ibu Achilles adalah Thetis, bidadari dan Nereid yang mencoba berbagai siasat untuk melindungi putra kesayangannya, Achilles. Thetis mencelupkan Achilles ke sungai Styx untuk membuatnya abadi, atau setidaknya kebal terhadap cedera pertempuran.

Untuk menjauhkannya dari Perang Troya, dia menyembunyikan Achilles, berpakaian seperti wanita, di istana Raja Lycomedes di pulau Skyros.

Deidamia, putri Lycomedes menemukan jenis kelamin asli dari Achilles. Mereka pun akhirnya berselingkuh hingga menghasilkan seorang anak laki-laki lahir bernama Neoptolemus.

Anak Achilles, Neoptolemus

Neoptolemus, terkadang disebut Pyrrhus (berwarna api) karena rambut merahnya adalah anak dari Achilles. Dia dibawa berperang pada tahun terakhir Perang Troya. Peramal Trojan Helenus ditangkap oleh orang Yunani dan dia dipaksa untuk memberi tahu mereka bahwa mereka hanya akan menangkap Troy jika prajurit mereka termasuk keturunan Aeacus dalam pertempuran.

Dalam perang Troya, Patroclus gugur. Setelah mengetahui sahabatnya telah meninggal di tangan Hector, Achilles langsung memutuskan untuk memasuki kembali Perang Troya untuk mencari Hector dan membunuhnya.