Metana dari Sapi Menyumbang Gas Rumah Kaca, Peneliti Temukan Solusinya

By Wawan Setiawan, Sabtu, 18 Februari 2023 | 18:06 WIB
Peneliti menemukan bahwa bayi kanguru memproduksi asam asetat khusus yang mampu menggantikan mikrob penghasil metana. (Pixabay/CC0 Public Domain)

Nationalgeographic.co.id - Kotoran bayi kanguru mungkin dapat membantu memberikan solusi yang tidak mungkin untuk masalah lingkungan dari metana yang diproduksi sapi. Kultur mikrob yang dikembangkan dari kotoran kanguru ini menghambat produksi metana dalam simulator perut sapi, menurut studi baru Washington State University.

Setelah peneliti menambahan biakan bayi kanguru dan penghambat metana yang diketahui ke dalam perut yang disimulasikan, itu menghasilkan asam asetat, bukan metana. Tidak seperti metana, yang dibuang oleh ternak sebagai perut kembung, asam asetat bermanfaat bagi sapi karena membantu pertumbuhan otot.

Temuan menarik ini telah diterbitkan di jurnal Biocatalysis and Agricultural Biotechnology bertajuk “Reducing methane production from rumen cultures by bioaugmentation with homoacetogenic bacteria.”

"Emisi metana dari sapi adalah kontributor utama gas rumah kaca, dan pada saat yang sama, orang suka makan daging merah," kata Birgitte Ahring, penulis korespondensi di makalah dan seorang profesor di Bioproducts, Sciences and Engineering Laboratory di the Kampus Tri-Cities WSU. "Kita harus menemukan cara untuk mengurangi masalah ini."

Mengurangi serdawa dan kentut emisi metana dari ternak bukanlah hal yang bisa ditertawakan. Metana adalah penyumbang gas rumah kaca terbesar kedua dan sekitar 30 kali lebih kuat dalam memanaskan atmosfer daripada karbon dioksida.

Lebih dari separuh metana yang dilepaskan ke atmosfer diduga berasal dari sektor pertanian, dan hewan ruminansia, seperti sapi dan kambing, merupakan kontributor paling signifikan. Selanjutnya, proses produksi metana membutuhkan energi hewan sebanyak 10%.

Sapi menghasilkan emisi metana, yang mempercepat perubahan iklim. (The Humane League)

Para peneliti telah mencoba mengubah pola makan sapi serta memberi mereka bahan kimia penghambat untuk menghentikan produksi metana, tetapi bakteri penghasil metana segera menjadi resisten terhadap bahan kimia tersebut.

Mereka juga telah mencoba mengembangkan vaksin, tetapi mikrobioma sapi bergantung pada tempat makannya, dan ada terlalu banyak jenis bakteri penghasil metana di seluruh dunia. Intervensi juga dapat berdampak negatif pada proses biologis hewan.

Para peneliti WSU mempelajari proses fermentasi dan anaerobik dan sebelumnya merancang rumen buatan, kompartemen perut terbesar yang ditemukan pada hewan ruminansia. Hal ini dilakukan untuk menyimulasikan pencernaan sapi.

Dengan banyaknya enzim yang mampu mengurai bahan alami, rumen memiliki "kemampuan luar biasa," kata Ahring.

Ketika mencari untuk menyelidiki bagaimana mengungguli bakteri penghasil metana di reaktor mereka, Ahring mengetahui bahwa kanguru memiliki bakteri penghasil asam asetat, bukan penghasil metana di usus depan mereka.