Eksperimen Leonardo da Vinci yang Terlupakan: Mengeksplorasi Gravitasi

By Wawan Setiawan, Sabtu, 18 Februari 2023 | 16:27 WIB
500 tahun yang lalu, Leonardo da Vinci melakukan usaha yang mendalam untuk menyelidiki sifat gravitasi. (Caltech)

Nationalgeographic.co.id - Insinyur dari Caltech telah menemukan bahwa pemahaman Leonardo da Vinci tentang gravitasi - meskipun tidak sepenuhnya akurat - berabad-abad lebih cepat dari zamannya.

Sebuah makalah berjudul “Leonardo da Vinci’s Visualization of Gravity as a Form of Acceleration” yang diterbitkan dalam jurnal Leonardo pada 1 Februari, para peneliti menggunakan pandangan baru pada salah satu buku catatan da Vinci.

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa polymath yang terkenal itu telah merancang eksperimen di mana dalam eksperimen tersebut menunjukkan bahwa gravitasi adalah bentuk percepatan. Lalu lebih lanjut, ia memodelkan konstanta gravitasi dengan akurasi sekitar 97 persen.

Da Vinci, yang hidup dari tahun 1452 hingga 1519, jauh di depan kurva dalam mengeksplorasi konsep-konsep ini. Baru pada tahun 1604 Galileo Galilei berteori bahwa jarak yang ditempuh oleh benda jatuh sebanding dengan kuadrat waktu yang berlalu.

Kemudian baru pada akhir abad ke-17 Sir Isaac Newton memperluasnya untuk mengembangkan hukum gravitasi universal, menggambarkan bagaimana objek tertarik satu sama lain. Rintangan utama Da Vinci dibatasi oleh peralatan yang dimilikinya. Misalnya, dia kekurangan alat untuk mengukur waktu dengan tepat saat benda jatuh.

Eksperimen Da Vinci pertama kali ditemukan oleh Mory Gharib, Profesor Teknik Penerbangan dan Medis Hans W. Liepmann, di Codex Arundel. Kumpulan makalah yang ditulis oleh da Vinci yang mencakup topik sains, seni, dan pribadi telah ia temukan.

Pada awal 2017, Gharib mengeksplorasi teknik visualisasi aliran da Vinci untuk didiskusikan dengan siswa yang dia ajar di program pascasarjana ketika dia melihat serangkaian sketsa yang menunjukkan segitiga yang dihasilkan oleh partikel mirip pasir yang keluar dari toples di Codex Arundel yang baru dirilis. Dapat dilihat secara online atas izin British Library.

Sketsa Leonardo da Vinci yang menunjukkan tentang sifat gravitasi yang dipelajari dalam penelitian ini. (British Library)

"Yang menarik perhatian saya adalah ketika dia menulis 'Equatione di Moti' pada sisi miring dari salah satu sketsa segitiganya - yang merupakan segitiga siku-siku sama kaki," kata Gharib, penulis utama makalah Leonardo. "Saya menjadi tertarik untuk melihat apa yang dimaksud Leonardo dengan kalimat itu."

Untuk menganalisis catatan tersebut, Gharib bekerja dengan rekannya Chris Roh, pada saat itu seorang peneliti pascadoktoral di Caltech dan sekarang menjadi asisten profesor di Cornell University, serta Flavio Noca dari University of Applied Sciences and Arts Western Switzerland di Jenewa.

Noca menyediakan terjemahan catatan Italia da Vinci (ditulis dalam tulisan cermin tangan kirinya yang terkenal yang dibaca dari kanan ke kiri) saat ketiganya mempelajari diagram manuskrip.

Dalam makalah, da Vinci menjelaskan eksperimen di mana kendi air akan dipindahkan di sepanjang jalur lurus sejajar dengan tanah, membuang air atau bahan butiran (kemungkinan besar pasir) di sepanjang jalan. Catatannya memperjelas bahwa dia sadar bahwa air atau pasir tidak akan jatuh dengan kecepatan konstan melainkan akan dipercepat. Juga bahwa materi berhenti dipercepat secara horizontal, karena tidak lagi dipengaruhi oleh kendi, dan bahwa percepatannya adalah murni ke bawah karena gravitasi.