Dunia Hewan: Citah Purba Amerika Memiliki Perilaku Berburu yang Unik

By Ricky Jenihansen, Jumat, 17 Februari 2023 | 15:00 WIB
Miracinonyx trumani mungkin menerapkan perilaku predator unik berbeda dengan citah modern. (Sheatherius)

Nationalgeographic.co.id—Ahli paleontologi Universidad de Málaga Borja Figueirido memeriksa kerangka citah purba yang ditemukan di Wisconsin, Amerika Serikat. Analisis mereka menunjukkan bahwa citah purba itu memiliki perilaku berburu yang unik dan berbeda dengan citah modern.

Citah tersebut diberi nama ilmiah Miracinonyx trumani, adalah spesies kucing mirip citah yang telah punah yang berkeliaran di padang rumput Amerika Utara dan padang rumput lebih dari 13.000 tahun yang lalu.

"Di antara vertebrata darat, pronghorn 'kijang' (Antilocapra americana) mampu mencapai kecepatan tertinggi 100 km per jam dan hanya kalah dari citah (Acinonyx jubatus)," kata ahli paleontologi Universidad de Málaga Borja Figueirido dan rekan-rekannya.

"Kecepatan pronghorn yang berlebihan telah dijelaskan sebagai respons evolusioner terhadap pemangsaan dari kucing 'mirip citah' Miracinonyx trumani yang sekarang sudah punah, predator tangguh yang menjelajahi stepa dan padang rumput Pleistosen Amerika Utara 13.000 tahun yang lalu."

Ia mengatakan, Miracinonyx trumani terkait dengan cougar (Puma concolor) tetapi kesamaan morfologis yang luar biasa dengan citah telah didokumentasikan, mungkin sebagai hasil konvergensi evolusioner menuju perilaku predator pengejaran cepat.

Dalam analisis mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Biology Letters, Figueirido dan rekan penulis memeriksa kerangka Miracinonyx trumani dan membandingkannya dengan kucing modern lainnya, seperti cougars, singa, dan lynx.

Mereka secara khusus berfokus pada sendi siku, yang memungkinkan mereka mengetahui apakah hewan tersebut beradaptasi untuk berburu dengan menahan mangsanya dengan kaki depan atau mampu mengejar mereka dengan kecepatan tinggi.

Citah purba memiliki cara berburu lebih mirip dengan cougar (George Teichmann)

Humerus dari Miracinonyx trumani berbentuk oval dan memanjang di ujung yang paling dekat dengan siku, yang berarti tulang lengan bawahnya terpisah lebih jauh dan, oleh karena itu, ia memiliki kemampuan untuk memburu mangsanya dengan menggenggamnya, seperti yang dilakukan puma.

“Kasus citah benar-benar tidak biasa; dalam beberapa detik mereka dapat mencapai hampir 100 km per jam. Mereka adalah supercar di sabana,” kata Figueirido.

“Ini bukan kasus Miracinonyx trumani,” kata Alberto Martín Serra, ahli paleontologi di Universidad de Málaga.

"Meskipun memiliki kapasitas manipulasi yang lebih besar dengan kaki depannya, fisiognominya mencegahnya mencapai kecepatan yang mirip dengan citah yang masih hidup."