Dunia Hewan: Tidak Punya Telinga, Ular Bisa Menangkap Gelombang Suara

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 18 Februari 2023 | 09:00 WIB
Bukti menunjukan, meski tidak mempunyai telinga luar, tapi ular tetap dapat mendengar dan menangkap gelombang suara. (Embora pets)

Nationalgeographic.co.id—Ular memang diketahui tidak memiliki telinga bagian luar, tapi bukti menunjukkan bahwa ular dapat mendengar dan menangkap gelombang suara. Namun bagaimana mereka menaggapi suara secara alami masih belum jelas.

Ilmuwan dari University of Queensland, Australian Reptile Academy, dan Queensland University of Technology melakukan serangkaian uji coba terkontrol pada 19 ular di lima genera di ruang kedap suara seukuran 4,9 x 4,9 m pada suhu 27ºC.

Mereka mengamati efek dari tiga suara pada perilaku ular individu, dibandingkan dengan kontrol.

Mereka menghitung delapan perilaku ular, gerakan tubuh, pembekuan tubuh, sentakan kepala, sentakan lidah, desisan, periskop, fiksasi kepala, penurunan rahang bawah, sebagai respons terhadap suara.

"Karena ular tidak memiliki telinga luar, orang biasanya mengira mereka tuli dan hanya bisa merasakan getaran melalui tanah dan ke dalam tubuh mereka," kata penulis utama Christina Zdenek, seorang peneliti di Lab Evolusi Venom di University of Queensland.

"Tapi penelitian kami, yang pertama dari jenisnya yang menggunakan ular yang tidak dibius dan bergerak bebas, menemukan bahwa mereka bereaksi terhadap gelombang suara yang bergerak di udara, dan mungkin suara manusia."

Penelitian tersebut menunjukkan, meski tidak mempunyai telinga luar, tetapi ular tetap dapat mendengar dan menangkap gelombang suara. Temuan mereka tersebut telah dijelaskan di jurnal PLoS ONE dengan judul "Sound garden: How snakes respond to airborne and groundborne sounds."

Studi ini melibatkan 19 ular, yang mewakili lima keluarga genetik reptil: elapid penyergap (Acanthophis), ular sanca aktif (Aspidites), elapid arboreal (Hoplocephalus), dan dua elapid aktif (Oxyuranus dan Pseudonaja).

“Kami memainkan satu suara yang menghasilkan getaran tanah, sedangkan dua lainnya hanya mengudara,” kata Zdenek.

"Itu berarti kami dapat menguji kedua jenis 'pendengaran' - pendengaran taktil melalui sisik perut ular dan udara melalui telinga bagian dalam mereka."

19 ular di lima genera ditempatkan di ruang kedap suara seukuran 4,9 x 4,9 m pada suhu 27ºC. (Christina Zdenek)

Reaksinya sangat bergantung pada genus ular.