Mitologi Yunani: Asal Usul Cronus, Titan yang Mengebiri Ayah Sendiri

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 20 Februari 2023 | 11:00 WIB
Cronus atau Kronos adalah anak dari Uranus (Langit) dan Gaia (Bumi) di mitologi Yunani. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Cronus adalah salah satu titan dalam mitologi Yunani. Dia adalah anak dari Uranus (Langit) dan Gaia (Bumi), dan saudara dari lima bersaudara dan enam saudara perempuan, para Titan.

Titan laki-laki adalah Cronus, Iapetus, Oceanus, Hyperion, Crius dan Coeus, sedangkan perempuan adalah Rhea, Themis, Tethys, Theia, Mnemosyne dan Phoebe.

Saat ini, konsep mitologi Yunani banyak orang berputar di sekitar Zeus dan dewa-dewa Gunung Olympus lainnya.

Tapi tahukah Anda? Dewa Olympian hanyalah dewa generasi ketiga, dan didahului oleh Protogenoi, yang digantikan oleh para Titan. Zaman para Titan adalah Zaman Keemasan mitologi Yunani, dan merupakan periode ketika kosmos diawasi oleh para Titan, termasuk pemimpin mereka Cronus atau Kronos.

Namun, para Titan jauh dari anak pertama Uranus, yang pada saat itu adalah penguasa tertinggi kosmos. Sebelumnya, Gaia telah melahirkan tiga raksasa Hecatonchires, dan tiga Cyclops.

Takut akan posisinya sendiri tergantikan, Uranus telah memenjarakan Hecatonchires dan Cyclops di Tartarus, sehingga mereka tidak dapat menantangnya. Uranus kurang takut pada para Titan, dan kumpulan 12 dewa dan dewi ini tetap bebas. 

Meskipun Gaia memprakarsai pemberontakan melawan Uranus, Cronus diyakini untuk menggunakan sabit melawan serta mengebiri ayahnya sendiri.

Cronus Menelan Anaknya

Selama ini Cronus dan Rhea menjadi orang tua dari enam anak; Demeter, Hera, Hades, Hestia, Poseidon dan Zeus.

Namun Cronus, tidak akan membuat kesalahan yang sama seperti ayahnya, dan saat Rhea melahirkan setiap anak, Cronus akan mengambilnya, dan menelannya, memenjarakan anak itu di dalam perutnya.

Sebuah ramalan menyebut bahwa seorang anak Cronus akan menggulingkannya, sehingga Cronus berusaha menghindari prediksi ini.

Cronus membuat marah Gaia dan Rhea, jadi ketika Zeus lahir, alih-alih menyerahkan Cronus, Zeus dirahasiakan ke Kreta; dan sebuah batu besar, terbungkus kain, tertelan di tempatnya.