Kisah Unik Makhluk Mitologi Yunani, Ada Manusia Berkepala Banteng

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 22 Februari 2023 | 12:00 WIB
Minotaurus adalah monster berbentuk manusia berkepala banteng. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Yunani menjadi salah satu negara yang menarik perhatian karena memiliki banyak mitos. Mulai dari kisah-kisah dewa, pahlawan serta makhluk lainnya. Siapa saja mereka?

Cerberus

Dikutip Theoi, Hades memiliki seekor anjing bernama Cerberus yang berkepala tiga. Cerberus menemani Hades serta menjaga pintu masuk dunia bawah sehingga tidak ada yang bisa masuk untuk mencuri jiwa. Cerberus juga menjaga pintu masuk sehingga tidak ada jiwa dunia bawah yang bisa pergi.

Minotaurus atau Minoatur

Minotaur adalah makhluk setengah manusia, setengah banteng yang disimpan Raja Minos di sebuah labirin di pulau Kreta. Setiap tahun, Raja Minos akan memberi makan 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dari kota Athena ke Minotaur.

Minotaur ditempatkan di dalam labirin sehingga siapapun yang berada di labirin bersama Minotaur tidak dapat menemukan jalan keluarnya, akibatnya selalu dimakan oleh Minotaur.

Lernean Hydra

Di rawa-rawa Lerna hidup ular laut berkepala sembilan yang disebut Hydra. Anda tidak dapat memotong kepala Hydra tanpa dua lagi yang tumbuh di tempatnya. Hercules harus membunuh Hydra Lernean selama salah satu dari 12 pekerjaannya.

Trojan Cetus

Trojan Cetus adalah monster laut raksasa yang dikirim untuk mengganggu kota Troy oleh dewa laut Yunani, Poseidon. Trojan Cetus tidak dapat dibunuh, dan satu-satunya cara binatang itu dapat disingkirkan dari tanah adalah dengan menawarkannya putri raja.

Raja mengikuti perintah dan merantai putrinya Hesione ke bebatuan pantai. Hesione akan diselamatkan oleh Hercules selama 12 pekerjaannya.

Medusa

Medusa. (Dreamstop)