Keduanya Pemimpin Dewa di Yunani dan Romawi, Ini Beda Zeus dan Jupiter

By Sysilia Tanhati, Jumat, 24 Februari 2023 | 14:00 WIB
Zeus dan Jupiter sama-sama merupakan dewa tertinggi dalam mitologi Yunani dan Romawi kuno. Apa perbedaan di antara keduanya? (ArchaiOptix)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani kuno, Zeus adalah raja dari semua dewa yang tinggal di Gunung Olympus. Sementara itu, Jupiter yang hadir belakangan juga merupakan pemimpin para dewa dalam mitologi Romawi kuno. Keduanya memiliki banyak kesamaan, namun Zeus dan Jupiter menjadi bagian dari sejarah mitologi yang sangat berbeda. Apa saja perbedaan antara Zeus dan Jupiter?

Baik Zeus maupun Jupiter memiliki sejarah keluarga, hubungan, sifat karakter, dan keterampilan khusus yang unik. Ada beberapa hal dasar yang membedakan kedua pemimpin para dewa tersebut.

Zeus berusia 1.000 lebih tua daripada Jupiter

Zeus dijelaskan secara rinci oleh penulis Yunani kuno Homer, sedangkan Jupiter dicatat oleh penulis Romawi Virgil, lebih dari 1.000 tahun kemudian.

Homer memperkenalkan Zeus di Iliad dan Odyssey sebagai "bapak dari semua dewa". Berdasarkan gubahan Homer, Zeus adalah putra Cronus dan Rhea. Ia tinggal di Gunung Olympus bersama 12 dewa Olympus lainnya.

Sementara itu, di Aeneid, Virgil memperkenalkan Jupiter, putra Saturnus dan Ops. Ia adalah dewa “terbaik dan terbesar”, yang memerintah dengan kekuatan dan kemuliaan dari surga.

Zeus dan Jupiter memiliki istri yang berbeda

Sementara Zeus memiliki setidaknya enam istri berbeda sepanjang hidupnya, Jupiter hanya menikah sekali. “Jupiter menikah dengan saudara perempuannya, Juno,” tulis Rossie Lesso di laman The Collector.

Tetapi baik Zeus dan Jupiter dikenal karena kerap berselingkuh. Keduanya kemudian menjadi ayah dari banyak anak dengan wanita yang berbeda.

Namun jika dibandingkan dengan Jupiter, Zeus jauh lebih bebas memilih dan tidak dapat diandalkan. Ia berusaha keras untuk mengejar siapa pun yang menarik perhatiannya.

Zeus memiliki sekitar 100 anak dari berbagai hubungan asmara yang seakan tiada habisnya. Sementara Jupiter menjadi ayah dari 14 anak yang jauh lebih sederhana. Ini menunjukkan jika orang Yunani melihat Zeus sebagai laki-laki dominan yang sehat dan kuat. Ia juga dipandang narsis dan mementingkan diri sendiri.

Sementara orang Romawi mengasosiasikan Jupiter dengan dedikasi yang lebih besar pada kerajaan, keluarga, dan perlindungan.