Peran Penting Tembok Theodosian di Masa Kekaisaran Bizantium

By Sysilia Tanhati, Jumat, 24 Februari 2023 | 16:00 WIB
Tembok Theodosian Konstantinopel adalah salah satu struktur pertahanan paling kuat di zaman Kekaisaran Bizantium. (A.Savin)

Nationalgeographic.co.id—Tembok Theodosian Konstantinopel adalah salah satu struktur pertahanan paling kuat dari zaman kuno dan abad pertengahan. Tembok ini dibangun pada awal abad kelima Masehi di masa pemerintahan kaisar Theodosius II. Selama seribu tahun, Tembok Theodosian melindungi kota Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Romawi Timur atau Kekaisaran Bizantium. Namun, Tembok Theodosian lebih dari sekadar benteng pertahanan.

Tembok Theodosian, sang pembela Konstantinopel

Selama lebih dari satu milenium, kota Konstantinopel berkembang berkat kekuatan tembok pertahanannya yang besar – Tembok Theodosian.

Sekitar enam kilometer dari daratan, tembok ini menghalangi tentara untuk maju. Sistem pertahanannya rangkap tiga termasuk parit, tembok luar setinggi 8-9 meter dan tembok dalam besar. “Tembok bagian dalam ini setinggi 12 meter dan tebal hampir 5 meter,” tulis Vedran Bileta di laman The Collector.

Jarak antara tembok luar dan dalam. (Public Domain)

Membentang dari Laut Marmara hingga Tanduk Emas, tembok ini memiliki lebih dari 90 menara. Pasukan menjaga benteng setiap saat, siap menghujani panah dan proyektil ke musuh mana pun yang berani menyerang.

Selama masa damai, warga sipil dan militer dapat memasuki kota melalui sepuluh gerbang yang menembus Tembok Theodosian. “Ini termasuk Gerbang Emas yang monumental dan megah,” Bileta menambahkan lagi.

Batas suci bagi kota suci Konstantinopel

Selama satu milenium, Konstantinopel lebih dari sekadar ibu kota kekaisaran. Metropolis besar itu juga merupakan salah satu tempat tersuci umat Kristen. Dipenuhi dengan gereja dan biara, Konstantinopel menyimpan segudang relik. Jadi, Tembok Theodosian menandai batas antara kota suci dan ruang profan di luar batas.

Selama berabad-abad, kaisar yang saleh mengukir tembok dengan dedikasi dan simbol untuk melindungi kota suci. Simbol itu berupa salib, kristogram, dan monogram. Yang sangat penting adalah simbol chi(X) rho(P). Kedua simbol ini yang membawa kemenangan bagi kaisar Konstantinus Agung dalam Pertempuran Jembatan Milvian.

Tembok Theodosian dalam peran seremonialnya

Selain peran defensif, Tembok Theodosian bertindak sebagai simbol kekuatan Kekaisaran Bizantium yang kuat. Ini terutama terlihat pada pintu masuknya yang paling monumental—Golden Gates atau Porta Aurea. Awalnya dibangun sebagai gapura kemenangan kaisar Theodosius I pada tahun 391, struktur megah ini diintegrasikan ke dalam Tembok Theodosian.