Selidik Kode Etik Drengr: Kebenaran Tentang Etika Bangsa Viking

By Tri Wahyu Prasetyo, Selasa, 28 Februari 2023 | 09:00 WIB
Nilai-nilai keberanian, kehormatan, dan kesetiaan Viking. (Ben/ AdobeStock)

Nationalgeographic.co.id—Mendengar istilah Viking, barangkali seseorang akan berpikir pada perampok ulung nan kejam. Namun di balik penggambaran itu, sejatinya Viking memiliki kode kehormatan yang sangat dihormati dan dipegang teguh.

Drengr Code adalah sebuah kode etik yang mengatur kesusilaan dan prinsip-prinsip yang dimiliki oleh bangsa Viking.

Kode etik ini menekankan pada beberapa aspek seperti kebajikan, kesetiaan dan kehormatan, serta mendorong Viking untuk menjalani kehidupan dengan penuh keberanian dan petualangan. 

Meskipun Drengr Code sebagian besar diwariskan melalui mulut ke mulut selama berabad-abad, beberapa teks kuno memberikan sebuah pelajaran moral berharga yang telah diindahkan oleh bangsa Viking.

Drengr, Prajurit Viking Paling Legendaris

Dari mana istilah “drengr” muncul? Drengr adalah sebuah istilah yang digunakan Viking untuk mendeskripsikan prajurit yang terhormat dan pemberani. Drengr merupakan bagian penting dari budaya Viking dan sangat dihargai dalam masyarakatnya.

Merujuk dalam cerita rakyat bangsa Viking, drengr dikenal karena keberanian, kekuatan, dan kesetiaan mereka, serta hidup sesuai dengan ketatnya kode etik dan nilai-nilai yang dipegang erat oleh Viking. 

Kode etik ini telah dituturkan berdasarkan pada prinsip-prinsip keberanian, kehormatan, serta rasa hormat, yang pada akhirnya menjelaskan apa artinya menjadi pejuang sejati di antara bangsa Viking. 

Dalam masyarakat Viking, mereka yang dianggap drengr adalah orang-orang yang sangat dihormati dalam komunitas tersebut. Di sisi lain, masih terdapat banyak rincian dari Drengr Code yang belum terdokumentasi dengan baik dari waktu ke waktu. Konsep, drengr tetap diingat dan dirayakan di zaman modern sebagai simbol semangat dan cara hidup bangsa Viking.

Cerita Rakyat Norwegia Kuno: Sebuah Jendela menuju Drengr Code

Sedikit informasi tentang Drengr Code diperoleh dari  literatur dan cerita rakyat masyarakat Norwegia kuno, yang ditulis di Islandia semasa abad ke-13 dan ke-14.Teks kuno ini memberi kita gambaran tentang nilai-nilai mulia.

beberapa kisah paling terkenal yang menyebutkan Dremgr Code adalah “The Saga of the Ynglings”, “The Saga of the Poets”, dan “The Saga of the Volsungs”. Kisah-kisah epik ini tidak hanya sekadar menjelaskan Drengr Code, tetapi juga nilai-nilai sosial, budaya, dan nilai-nilai moral masyarakat Viking.