Apa Dukungan Penting dari Orang Tua untuk Remaja LGBTQ?

By Ricky Jenihansen, Senin, 10 April 2023 | 19:00 WIB
Depresi lebih meluas di kalangan remaja LGBT. (Healthy Children)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru oleh peneliti University of Texas di Austin menunjukkan bahwa dukungan orang tua penting bagi remaja LGBTQ. Mereka menganalisis kontrol psikologis dalam kaitannya dengan gejala depresi untuk remaja LGBTQ.

Diketahui, depresi lebih meluas di kalangan remaja lesbian, gay, biseksual, transgender, atau Queer (LGBTQ) daripada remaja heteroseksual, cisgender, membuat dukungan orang tua lebih penting bagi remaja ini.

Kontrol psikologis mencoba mengganggu perkembangan psikologis dan emosional anak (misalnya, proses berpikir, ekspresi diri, emosi, dan keterikatan pada orang tua). Studi baru ini telah dirilis dalam Child Development.

Meskipun masa remaja dapat menjadi periode yang sensitif terhadap paparan stres, masa remaja juga memberikan kesempatan untuk memberikan dukungan yang dapat mencegah atau membantu gejala kesehatan mental, menjadikan praktik pengasuhan sebagai faktor penting dalam kesehatan mental semua remaja.

Penelitian sebelumnya tentang remaja LGBTQ dan orang tua mereka berfokus pada penerimaan dan penolakan khusus untuk identitas LGBTQ daripada praktik pengasuhan umum yang diketahui membentuk perkembangan remaja.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa mereka yang merasakan dukungan sosial yang lebih besar dari orang tua cenderung memiliki gejala depresi yang lebih sedikit," jelas Amy McCurdy, sarjana postdoctoral di The University of Texas di Austin.

"Sedangkan mereka yang melaporkan kontrol psikologis yang lebih besar dari orang tua memiliki gejala depresi yang lebih banyak," jelas Amy McCurdy, sarjana postdoctoral di The University of Texas di Austin. .

“Untuk remaja yang orang tuanya tidak mengetahui identitas LGBTQ mereka, memiliki kombinasi kontrol psikologis yang tinggi dan dukungan sosial yang tinggi dari orang tua dikaitkan dengan gejala depresi yang lebih besar.”

Studi saat ini menganalisis data dari dua gelombang pertama studi longitudinal tentang remaja minoritas seksual dan gender yang dirancang untuk menyelidiki faktor risiko bunuh diri.

Ilustrasi Komunitas LGBT. (Pixabay)

Data dikumpulkan pada empat periode berturut-turut, mulai November 2011, setiap sembilan bulan mengikuti pengumpulan sebelumnya.

Peserta direkrut dari organisasi berbasis komunitas dan kelompok perguruan tinggi yang berlokasi di tiga kota di Timur Laut, Pantai Barat, dan Amerika Serikat Barat Daya.