Nephthys, Dewi Ratapan Mesir Kuno yang Dikaitkan dengan Kematian

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 4 Maret 2023 | 11:00 WIB
Nephthys, atau 'Nyonya Rumah' adalah dewi udara dan kepala keluarga di Mesir kuno. (Met Museum)

Nationalgeographic.co.id – Nephthys bukanlah salah satu dewa Mesir paling terkenal saat ini, tetapi di dunia kuno dia dipandang sebagai pelindung yang vital.

Dia paling sering dikaitkan dengan ratapan, kematian, upacara penguburan, dan berkabung. Namun, bagi orang-orang Mesir kuno, ini tidak menjadikannya sosok yang jahat.

Kehidupan, kematian, dan kelahiran kembali adalah konsep yang terkait erat dalam pemikiran Mesir. Jadi Nephthys sering bekerja bersama saudara perempuannya, Isis. Mereka berdua berbagi aspek dewi ibu pemberi kehidupan dan saling melengkapi dalam peran mereka.

Nephthys sebagai Nyonya Rumah

Nama Nephthys adalah bentuk Yunani dari nbt-hwt Mesir. Ditransliterasikan sebagai Nebet-hut, Nebet-Het, atau Nebt-Het, nama ini biasanya diucapkan dengan arti ‘Nyonya Rumah’.

Terjemahan ini menimbulkan salah tafsir atas perannya sebagai dewi rumah tangga atau pelindung ibu rumah tangga. Nyatanya, 'rumah' yang dimaksud dalam judulnya kemungkinan besar adalah rumah para dewa dan bukan rumah individu.

Ini mungkin sebuah gelar daripada nama yang diberikan sang dewi dan merujuk hanya satu dari banyak fungsinya. Nephthys kemungkinan besar terkait dengan aspek tertentu dari ritual kuil dalam agama Mesir.

Hieroglif yang mewakilinya menggabungkan simbol untuk wanita dan kuil. Simbol penutup suci candi adalah sebuah rumah, sehingga menyebabkan salah tafsir gelarnya, sedangkan simbol untuk wanita yang atasnya adalah keranjang.

Beberapa sejarawan percaya bahwa Nephthys dan saudara perempuannya Isis secara khusus mewakili tiang, atau pintu masuk monumental, ke dalam kuil. Ini membuatnya menjadi dewi ruang liminal dan transisi, peran yang diperjelas dalam hubungannya dengan kematian dan kehidupan.

Sahabat Set

Nephthys dianggap sebagai istri dewa Set. Sebagian besar penceritaan kembali mitologi menunjukkan Set sebagai kekuatan kekerasan yang mewakili bahaya gurun, orang asing, dan badai, tetapi interpretasi modern telah mempertanyakan peran itu. 

Banyak Egyptologists sekarang percaya bahwa Set muncul dalam dua bentuk dalam mitologi kuno. Nephthys dikaitkan dengan bentuk baik dari Set yang bermitra dengan Ra untuk menghancurkan Apep, ular kekacauan.