Mati-matian Kekaisaran Ottoman Melindungi Pengungsi dari Kejaran Musuh

By Utomo Priyambodo, Selasa, 7 Maret 2023 | 07:00 WIB
Kekaisaran Ottoman menerima dan melindungi pengungsi dari kejaran musuh. Karakter ini sesuai dengan budaya kuno Ottoman dan ajaran Islam. (RawPixel)

Nationalgeographic.co.id—Pemerintah Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah menerima semua pengungsi tanpa melihat latar belakang agama mereka. Bahkan mereka memberikan pengungsi nonmuslim kesempatan untuk menjadi rakyat mereka.

Ini semua karena tradisi Oghuz. Tradisi ini merupakan salah satu fondasi budaya Ottoman.

Tradisi kuno ini memerintahkan untuk menjamu tamu dan tidak menyerahkannya kepada musuh mereka siapa pun mereka. Ada banyak tuan tanah di Ottoman yang bahkan akan mengangkat senjata untuk menjaga rumah mereka sepanjang malam untuk melindungi tamu mereka.

Kekaisaran Ottoman bahkan mengambil risiko perang untuk tujuan ini. Prinsip serupa juga ada dalam budaya dan ajaran Islam.

Sebagai contoh, pada awal abad ke-15, Sultan Kara Koyunlu Qara Yousuf dan Sultan Irak dan Azerbaijan selatan Ahmad Jalayir melarikan diri dari Timur Lang dan berlindung kepada Sultan Bayezid I sang Kaisar Ottoman. Timur Lang menulis surat kepada Sultan Bayezid untuk meminta mereka kembali.

Bayezid menolak permintaan tersebut, yang berarti dia mengambil risiko berperang melawan tentara terbesar di dunia. Hidup untuk kehormatannya, Bayezid dikalahkan dan harus kehilangan takhtanya serta kehilangan sebagian dari wilayah kekuasannya.

Dalam makalah bertajuk "Refugee Reception in the Ottoman Empire and the Turkish Response to Syrian Refugees" yang dipublikasikan di laman UNHCR, Şevin Gülfer Sağnıç dari University of California San Diego membahas bagaimana dulu Kekaisaran Ottoman menerima gelombang pengungsi besar-besaran pada abad ke-19 dan ke-20.

Sebagai respons terhadap pergerakan pengungsi ini, kekaisaran membentuk 'Komisi Migran', yang dalam bahasa Turki modern disebut Muhacirin Komisyonu. Komisi ini dibentuk pada tahun 1860, di tengah krisis ledakan laju pengungsi tersebut.

Ini mungkin merupakan salah satu komisi pengungsi pertama di dunia untuk mengatur migrasi dan menyusun kebijakan pemukiman. Komisi migran ini juga memberi para pengungsi hak-hak agama, ekonomi, dan sosial di samping paket dukungan ekonomi yang luas yang bertujuan untuk mengubah para pengungsi menjadi pelaku ekonomi mandiri.

Secara umum, kekaisaran tidak melihat pengungsi sebagai masalah, melainkan solusi untuk masalah politik domestik dan internasionalnya. Ini tidak seperti pandangan negara-negara Eropa saat ini yang melihat pengungsi atau imigran sebagai masalah dan ancaman untuk negara mereka.

Baca Juga: Utang Kesultanan Ottoman, Menyisakan Kemiskinan Timur Tengah Hari Ini

Baca Juga: Kekaisaran Ottoman, Tempat Berlindung Pengungsi Muslim dan Nonmuslim