Dunia Hewan: Burung Kicau yang Hilang Ditemukan Kembali di Madagaskar

By Ricky Jenihansen, Rabu, 8 Maret 2023 | 14:00 WIB
Tetraka kehitaman (Xanthomixis tenebrosa) telah lama hilang dan hampir dianggap punah. (John C. Mittermeier)

Nationalgeographic.co.id—Burung kicau dusky tetraka atau tetraka kehitaman (Xanthomixis tenebrosa) yang telah lama hilang dilaporkan telah ditemukan kembali di Madagaskar. Burung tersebut merupakan salah satu dari 10 spesies paling dicari oleh Pencarian Burung Hilang sejak tahun 1999.

Tetraka kehitaman adalah spesies burung pengicau Dunia Lama dalam famili Bernieridae (tetraka dan sekutunya). Burung ini endemik di hutan dataran rendah lembab subtropis dan tropis Madagaskar.

Warnanya hijau zaitun gelap secara keseluruhan, dengan tenggorokan kekuningan pucat dan cincin di sekitar mata.

Lily-Arison Rene de Roland, direktur Program Madagaskar untuk Peregrine Fund, dan rekannya berangkat pada Desember 2022 untuk mencari burung yang sulit ditangkap itu.

Tim ekspedisi menemukan spesies tersebut di dua lokasi terpencil yang berbeda: satu di semenanjung Masoala pada Desember 2022 dan satu lagi di dekat Andapa pada Januari 2023.

“Sekarang kami telah menemukan tetraka kehitaman dan lebih memahami habitat tempat tinggalnya, kami dapat mencarinya di bagian lain Madagaskar, dan mempelajari informasi penting tentang ekologi dan biologinya,” kata Rene de Roland.

“Masih banyak keanekaragaman hayati yang dapat ditemukan di Madagaskar.”

“Melihat burung itu untuk pertama kalinya benar-benar mengejutkan. Seluruh tim kami sangat senang dan bersemangat, ”kata Armand Benjara, seorang peneliti di Program Madagaskar Peregrine Fund.

"Jika tetraka kehitaman selalu lebih suka daerah yang dekat dengan sungai, ini mungkin membantu menjelaskan mengapa spesies ini telah diabaikan begitu lama," tambah John Mittermeier, direktur Program Burung Hilang di American Bird Conservancy.

“Mengamati burung di hutan tropis adalah tentang mendengarkan suara burung, jadi Anda secara alami cenderung menghindari menghabiskan waktu di dekat sungai yang deras di mana Anda tidak dapat mendengar apa pun.”

Langkah selanjutnya bagi tim adalah mencari lagi Dusky tetraka antara bulan September dan Oktober, saat sebagian besar burung di Madagaskar berkembang biak.

Tetraka kehitaman (Xanthomixis tenebrosa) adalah spesies kedua yang ditemukan kembali oleh Pencarian Burung Hilang. (John C. Mittermeier)