Ikan Raksasa Langka Ini akan Dipakai untuk Menelurkan Raksasa Lain

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 18 Maret 2023 | 08:00 WIB
Ikan raksasa largemouth bass yang ditangkap di Texas. (TEXAS PARKS AND WILDLIFE)

Nationalgeographic.co.id—Seekor ikan raksasa langka akan digunakan untuk menelurkan bayi raksasa lainnya. Ikan ini akan dipakai untuk program pemijahan setelah berhasil ditangkap oleh pemancing Texas, Amerika Serikat.

Ikan largemouth bass ini ditangkap oleh Jason Conn. Saat itu Conn sedang bertanggung jawab atas perjalanan perahu yang dinaikinya di perairan Texas.

Saat dia sedang menginstruksikan klien di dekat bagian depan perahu, dia melihat ikan seberat 17,03 pon atau sekitar 7,7 kilogram sedang berenang di air.

Ikan itu ditangkap dengan alat penangkap ikan besar bernama Alabama Rig. Setelah berhasil ditangkap, ikan itu dibawa keluar dari air.

Conn berteriak pada penumpang lain untuk menarik jaring agar dia bisa mengamankan tangkapannya.

"Saya panik, memeluk salah satu klien sementara yang lain bergelantungan di perahu dengan ikan di jaring. Akhirnya saya mendapatkannya bersama dan kami beranjak untuk mengangkatnya ke perahu," tutur Conn.

"Itu adalah ikan bass terbesar yang pernah saya lihat ataupun tangkap," kata Conn dikutip dari Newsweek

Ikan largemouth bass memiliki berat rata-rata 12 pon atau skitar 5,5 kilogram.

Conn kemudian membawa ikan tersebut ke Texas Parks and Wildlife. Lembagai ini menjalankan program Toyota ShareLunker—sebuah inisiatif untuk mendorong penangkapan ikan bass.

Setelah ikan itu ditimbang, petugas mengklasifikasikannya sebagai ikan largemouth bass terberat kedelapan yang pernah ditangkap di negara bagian tersebut.

Natalie Goldstrohm, koordinator program Toyota ShareLunker, mengatakan dalam siaran pers bahwa ini adalah "hasil tangkapan yang luar biasa."

"Bass sebesar ini sangat langka dan ikan ini adalah salah satu bass terbesar yang pernah ditangkap di Texas," kata Goldstrohm.