Prasasti Tertua Dewa Odin Ditemukan di Timbunan Harta Karun di Denmark

By Ricky Jenihansen, Minggu, 19 Maret 2023 | 10:00 WIB
Para arkeolog di Denmark menemukan timbunan harta karun di Denmard yang berasal dari abad kelima Masehi. (Conservation Center Vejle)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog di Denmark melaporkan telah menemukan timbunan harta karun dari abad kelima Masehi. Salah satu temuannya yang menarik adalah prasasti tertua (liontin emas) yang memuat dewa Odin, raja para dewa dalam mitologi Nordik.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah dunia nama Odin disebutkan," kata Lisbeth Imer, ahli runologi dan penulis di Museum Nasional Denmark, kepada Live Science.

"Ini berarti bahwa mitologi Nordik sekarang dapat ditelusuri hingga awal abad kelima."

Prasasti itu, dalam huruf yang disebut rune, mengatakan, "Dia adalah orangnya Odin" dan nama "Jaga" atau "Jagaz" dalam bentuk awal bahasa Norse.

Itu diperkirakan merujuk pada pemiliknya, seorang kepala suku atau raja Zaman Besi, yang mungkin mengeklaim dewa tersebut sebagai leluhur.

"Menurut saya kata-katanya mengacu pada motif sentral yang menggambarkan seorang pria dengan kuda, yang menggambarkan tokoh atau raja lokal, yang menampilkan dirinya sebagai keturunan raja para dewa dan dewa para raja, Odin," kata Imer.

"Kami memiliki bukti sastra lain yang disukai raja untuk menampilkan diri mereka sebagai keturunan dewa."

Imer dan rekannya, ahli bahasa Krister Vasshus, menghabiskan lebih dari satu tahun untuk menguraikan prasasti rahasia di bracteate, yang merupakan bagian dari timbunan emas menakjubkan yang digali di Jutlandia, Denmark, pada tahun 2021.

Prasasti tersebut tampaknya merujuk pada seorang raja Nordik yang wajahnya muncul di tengah liontin, dan mungkin menunjukkan bahwa dia mengaku sebagai keturunan dewa Odin dalam mitologi nordik. (Arnold Mikkelsen, National Museum of Denmark)

Harta karun itu berisi hampir 2,2 pound (1 kilogram) emas dan sekarang dikenal sebagai "timbunan Vindelev" dari nama kota terdekat.

Dalam mitologi Nordik, Odin adalah raja para dewa, dewa kematian, kebijaksanaan, dan "All-father" dari dewa dan manusia.

Meskipun panteon Norse menampilkan lusinan dewa, Odin adalah salah satu dari tiga dewa utama yang disembah dalam agama Norse, bersama Thor dan Frey.