Istri Pendiri Kekaisaran Ottoman Berkerabat dengan Nabi Muhammad

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 13 Maret 2023 | 13:00 WIB
Osman I atau disebut Osman Ghazi adalah pendiri Kekaisaran Ottoman. (Facinate)

Nationalgeographic.co.id—Osman I atau disebut Osman Ghazi adalah pendiri Kekaisaran Ottoman. Dia adalah sultan pertama, lahir pada tahun 1258 di kota Söğüt, yang terletak di provinsi Bilecik barat laut modern, saat itu dekat dengan perbatasan Bizantium.

Fakta bahwa dia lahir pada tahun yang sama ketika bangsa Mongol menghancurkan Kekaisaran Abbasiyah adalah suatu kebetulan yang menarik yang memberi harapan untuk masa depan. Dia adalah anak bungsu dari tiga putra Ertuğrul Ghazi. 

Dia berpartisipasi dalam pertempuran dengan ayahnya mulai dari usia muda. Selama masa pemerintahan ayahnya, dia pergi berperang sebagai komandan tentara tujuh atau delapan kali. Inilah mengapa dia diberi gelar ‘ghazi’, yang berarti prajurit veteran dalam bahasa Turki, dan dia terkenal di kalangan tentara sejak usia muda.

Ertuğrul Ghazi mengirimnya ke sultan Kesultanan Seljuk Rum di Konya sebagai perwakilan beberapa kali, di mana dia akan bertemu dengan negarawan dan tetua ordo Mevlevi.

Dia bermimpi suatu malam ketika dia menjadi tamu di penginapan cendekiawan Muslim Sheikh Edebali di Bilecik pada tahun 1277. Osman selalu mencintai dan menghormati Sheikh Edebali dan menghadiri ceramah agamanya.

Dalam mimpinya, bulan muncul dari dada syekh dan masuk ke dada Osman sendiri. Kemudian cabang-cabang pohon bidang mulai keluar dari pusar Osman dan naungannya mengelilingi seluruh dunia. Sungai-sungai mengalir dan orang-orang berjalan di bawah bayangannya.

Syekh menafsirkan mimpi ini ketika Osman memberitahunya keesokan harinya: “Tuhan memberkati Anda dan keturunan Anda dengan pemerintahan yang panjang. Anda akan menikahi putri saya. Anak-anakmu akan menjadi penakluk dunia. 

Baca Juga: Tren Busana Sutra Sultan Ottoman Jadi Simbol Kekaisaran yang Kaya

Baca Juga: Devsirme: Sebuah Tangga ke Puncak Kekaisaran Ottoman bagi Non-Muslim

Baca Juga: Kisah Mistik di Kekaisaran Ottoman dalam Catatan Evliya Çelebi

Baca Juga: Kosem Sultan, dari Selir Hingga Jadi Permaisuri Ottoman Haus Kekuasaan

Baca Juga: Kisah Ibrahim Kekaisaran Ottoman, Gila Wanita Punya Ratusan Selir