Kaisar Ottoman Bayezid II, Anak Mehmed II Sang Penakluk Konstantinopel

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 13 Maret 2023 | 16:00 WIB
Bayezid II adalah sultan Utsmaniyah pada 1481–1512. (Hurriyet Daily)

Nationalgeographic.co.id—Bayezid II adalah sultan Utsmaniyah ke delapan yang berkuasa pada 1481–1512. Dia merupakan sultan Ottoman pertama yang ditantang oleh penyebaran kerajaan Safawi di Persia.

Bayezid II adalah putra sulung Sultan Mehmed II, penakluk Konstantinopel. Atas kematian ayahnya pada tahun 1481, saudara laki-lakinya Cem memperebutkan suksesi.

Bayezid, didukung oleh faksi pejabat istana yang kuat di Konstantinopel, berhasil merebut tahta. Cem akhirnya mencari perlindungan dengan Knights of Saint John di Rhodes dan tetap menjadi tawanan sampai kematiannya pada tahun 1495.

Di bawah pemerintahan baru, reaksi langsung terjadi terhadap beberapa kebijakan Mehmed II. Dipengaruhi oleh ulama, cendekiawan agama Islam, dan oleh pejabat besar yang bersekutu dengan mereka, Bayezid memulihkan properti Muslim (awqāf; wakaf tunggal) yang didedikasikan untuk tujuan keagamaan dan amal yang telah diambil alih oleh Sultan Mehmed untuk negara.

Bayezid juga menolak orientasi ayahnya yang pro-Eropa dengan tindakan seperti memindahkan lukisan dari istana kekaisaran yang dibuat oleh seniman Italia untuk Mehmed II. 

Pada saat yang sama, Bayezid II melanjutkan konsolidasi teritorial yang telah dimulai ayahnya. Herzegovina, di Balkan, berada di bawah kendali langsung Ottoman pada tahun 1483.

Pendudukan, pada tahun 1484, atas dua benteng di muara sungai Danube dan sungai Dniester memperkuat cengkeraman Ottoman atas jalur darat ke Krimea, tempat khan dari Tatar Krimea telah, setidaknya dalam nama, menjadi pengikut sultan sejak 1475.

Perang tahun 1499–1503 yang diarahkan melawan kekaisaran Venesia di Levant dan di Balkan membawa proses konsolidasi lebih jauh. Itu menghasilkan penaklukan Ottoman atas benteng-benteng Venesia di Morea (Peloponnesus) dan di pantai Adriatik — sebuah kemenangan yang membenarkan program pembangunan angkatan laut yang telah disetujui Bayezid pada tahun-tahun sebelum dimulainya perang.

Dengan perluasan kekuasaannya di sebagian besar Anatolia, Bayezid sebelumnya berkonflik dengan kesultanan Mamluk di Mesir dan Suriah, masing-masing pihak berjuang untuk mendominasi zona perbatasan yang tidak jelas yang memisahkan mereka dan mempertahankan kendali efektif kerajaan kecil yang didirikan di sana.

Sementara armada Turki telah cukup untuk membongkar sebagian besar kerajaan Venesia, Bayezid, takut aliansi kekuatan Kristen yang menggunakan saudaranya Cem dapat dibentuk untuk melawannya, hanya melakukan kekuatan sederhana melawan Mamluk. Perang darat yang panjang berakhir dengan jalan buntu.

Yang lebih hebat lagi adalah situasi yang muncul di negeri-negeri di sebelah timur Anatolia. Pada tahun 1499 para pengikut Safawi, sebuah tatanan sesat Islam, telah menetapkan untuk mendirikan di Persia sebuah rezim yang kuat di bawah tuan mereka Ismāʿīl I.

Ajaran agama Safawi telah bertemu dengan sukses besar di antara suku-suku nomaden Turkmenistan di Anatolia, yang prajurit membentuk elemen utama dalam pasukan Shah Ismāʿīl (atau Esmāʿīl). Jelaslah bahwa propaganda kaum Safawi, jika dibiarkan berlanjut tanpa halangan, mungkin akan merusak pemerintahan Utsmaniyah di tanah Asia. Bahaya itu digarisbawahi pada tahun 1511, ketika para pengikut Syah memberontak melawan Ottoman di Anatolia.