Penemuan Harta Karun Bangsawan Belanda, Ternyata Dikubur di Rawa-Rawa

By Ricky Jenihansen, Kamis, 23 Maret 2023 | 16:00 WIB
Penemuan harta karun abad pertengahan ini sangat langka. Digali oleh seorang pendeteksi logam di Belanda. (Archeologie-Friesland/Fleur Schinning)

Nationalgeographic.co.id—Penemuan harta karun bangsawan Belanda yang sangat langka telah dikonfirmasi para arkeolog Rijksmuseum van Oudheden. Harta karun tersebut ditemukan dikubur di rawa-rawa abad pertengahan untuk disimpan selama masa perang.

Beberapa waktu yang lalu, sejarawan telah menemukan harta karun tersebut saat mencari dengan detektor logam di kota kecil Hoogwoud di utara, di wilayah Friesland Barat.

Friensland, utamanya memang provinsi pertanian dan seringkali disimbolkan dengan kincir angin yang memang banyak ditemukan di Provinsi ini. Tidak mengherankan ada banyak wilayah rawa di daerah ini.

Harta karun bangsawan Belanda itu mencakup empat liontin telinga emas, dua helai daun emas, dan 39 koin perak. Setelah dianalisis, harta tersebut diperkirakan berusia 800 tahun, berasal dari abad pertengahan.

Perhiasan mewah itu mungkin milik seorang tokoh abad pertengahan yang kaya dan berkuasa, kata pakar museum dalam sebuah pernyataan.

"Perhiasan emas seperti ini hanya dimiliki oleh kelas sosial tertinggi, jadi ini bisa menjadi milik seseorang dengan kekayaan dan kekuasaan yang besar, bahkan mungkin milik bangsawan Belanda," Lorenzo Ruijter, yang menemukan harta karun tersebut.

Koin perak memiliki banyak bentuk, dengan beberapa diproduksi secara lokal pada awal abad ke-13 dan pasangan bertanda Kekaisaran Romawi Suci, kata Ruijter.

Koin terbaru berasal dari akhir tahun 1240-an, yang bertepatan dengan masa perang yang mungkin menjelaskan mengapa pemiliknya mengubur harta berharga ini di rawa-rawa.

"Koin terbaru berasal dari tahun 1247 atau 1248, yang sangat mirip dengan banyak pertempuran antara petani mandiri, yang mengolah tanah rawa di negara bagian bebas Friesland Barat, dan berbagai bangsawan Belanda yang mengklaim tanah tersebut," kata Ruijter.

Para arkeolog di Museum Barang Antik Nasional Belanda masih menyelidiki kepingan-kepingan emas dan perak itu. (Archeologie-Friesland/Fleur Schinning)

Menurutnya, pada saat terjadi perang dan situasi yang tidak stabil. Mungkin bangsawan tersebut ingin mengamankan hartanya dari kondisi tersebut.

"Dalam periode konflik dan perang terus-menerus seperti ini, Anda ingin melindungi barang dan uang Anda. Tidak ada bank di Abad Pertengahan, jadi apa yang Anda lakukan? Anda meletakkannya di tanah."