Dunia Hewan: Mengapa Kucing Suka Membangunkan Pemiliknya di Pagi Buta?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 17 Maret 2023 | 10:00 WIB
Alasan paling umum yang membuat kucing membangunkan pemiliknya adalah karena lapar. (Petpet)

Nationalgeographic.co.id—Tidak semua, tapi sebagian besar kucing rumahan mungkin pernah melakukannya, bahkan sering. Kucing Anda tiba-tiba menggaruk Anda, mereka berupaya membangunkan Anda, padahal masih dini hari. Mengapa seringkali melakukan itu?

Seperti diketahui, semenjak kucing didomestikasi atau dijinakkan oleh manusia dijadikan hewan peliharaan. Mereka telah beradaptasi dengan gaya hidup manusia.

Hal itu sebenarnya telah mengubah mereka sebagai makhluk yang aktif di malam hari. Kucing rumahan umum terlihat aktif di pagi dan sore hari, bukan tengah malam atau dini hari.

Itu berarti, seharusnya ketika Anda tidur, maka kucing Anda akan ikut tidur dan itu perilaku kucing yang umum bagi kucing rumahan. Dari survei di Amerika Serikat, sekitar 30 persen wanita tidur setidaknya dengan satu kucing.

Meski demikian, tapi sebagian besar kucing tetap saja melakukannya. Mereka seringkali membangunkan pemiliknya di pagi buta.

Susan Hazel, Dosen Senior, Sekolah Ilmu Hewan dan Kedokteran Hewan, University of Adelaide dan Julia Henning, Kandidat PhD, University of Adelaide menulis untuk The Conversation terkait hal tersebut.

Menurut mereka, hal itu bisa terjadi karena tiga alasan, yaitu karena kucing lapar, karena mereka berperilaku "random" dan energi mereka yang belum habis.

Kucing yang tidak diajari rutinitas akan berperilaku random, salah satunya membangunkan pemiliknya pada dini hari. (Fine Art America)

"Ini adalah salah satu alasan paling umum. Sayangnya, salah satu hal pertama yang dilakukan orang yang mengantuk adalah memberi makan kucingnya," tulis mereka.

Perilaku tersebut, katanya, telah membuat kucing mengasosiasikan bahwa di pagi buta mereka sudah harus makan. Mereka merasa seperti itu.

"Untuk mulai mengatasi masalah ini, pastikan kucing Anda cukup makan sepanjang hari. Anda bisa memberi mereka makan atau camilan yang memuaskan tepat sebelum Anda tidur," tulis mereka.

"Jika Anda biasanya memberi makan kucing Anda di pagi hari, Anda perlu memastikan kucing Anda tidak mengasosiasikan waktu bangun dengan waktu sarapan."