Es Laut Akan Segera Menghilang dari Kutub Utara Selama Musim Panas

By Wawan Setiawan, Minggu, 26 Maret 2023 | 15:00 WIB
Pemecah es Oden di laut es di utara Greenland. (Martin Jakobsson, Stockholm University)

Nationalgeographic.co.id - Perubahan iklim membawa kabar buruk, es laut akan segera menghilang dari Kutub Utara selama bulan-bulan musim panas—dan itu pernah terjadi sebelumnya.

Dalam sebuah studi baru, tim peneliti internasional memperingatkan bahwa es Laut Arktika mungkin akan segera menjadi masa lalu di bulan-bulan musim panas. Ini mungkin memiliki konsekuensi bagi iklim dan ekosistem.

Anehnya, sepuluh ribu tahun yang lalu, es mencair pada suhu yang mirip dengan yang kita miliki saat ini.

"Area Es Terakhir" di utara Greenland dan Kanada adalah tempat perlindungan terakhir dari es laut sepanjang tahun di saat suhu naik yang disebabkan oleh perubahan iklim. Sebuah studi baru sekarang menunjukkan bahwa ini mungkin akan segera berakhir.

Para peneliti dari Universitas Aarhus, bekerja sama dengan Universitas Stockholm dan Survei Geologi Amerika Serikat, menganalisis sampel dari wilayah utara Greenland yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Sampel sedimen dikumpulkan dari dasar laut di Laut Lincoln, bagian dari "Area Es Terakhir".

Mereka menunjukkan bahwa lautan es di wilayah ini mencair selama musim panas sekitar 10.000 tahun yang lalu. Tim peneliti menyimpulkan bahwa es laut musim panas mencair pada saat suhu berada pada tingkat yang dengan cepat kita dekati lagi saat ini.

"Model iklim menunjukkan bahwa es laut musim panas di wilayah ini akan mencair dalam beberapa dekade mendatang, tetapi tidak pasti apakah itu akan terjadi dalam 20, 30, 40 tahun, atau lebih,” kata Christof Pearce, Asisten Profesor di Departemen Geosains, Universitas Aarhus.

“Proyek ini telah menunjukkan bahwa kita sangat dekat dengan skenario ini, dan suhu hanya perlu meningkat sedikit sebelum pada akhirnya es mencair," tambahnya.

Pemetaan satelit mengungkapkan batas es laut di Samudra Arktik pada Juli 2020 dalam konteks dengan es laut dari Juli 2000 dan 2010. (Joshua Stevens / NASA Earth Observatory)

Para peneliti telah menggunakan data dari periode Holosen Awal untuk memprediksi kapan es laut akan mencair saat ini. Selama periode ini, suhu musim panas di Kutub Utara lebih tinggi dari hari ini.

Meskipun ini disebabkan oleh variabilitas iklim alami yang bertentangan dengan pemanasan yang disebabkan oleh manusia, itu tetap merupakan laboratorium alam untuk mempelajari nasib wilayah ini dalam waktu dekat.