Fosil Spesies Baru Berang-Berang Purba Raksasa Ditemukan di Texas

By Ricky Jenihansen, Kamis, 30 Maret 2023 | 07:54 WIB
Fosil tengkorak parsial dari berang-berang kuno Anchitheriomys buceei (kanan) bersama dengan rekonstruksi tengkorak. (Matthew Brown)

Nationalgeographic.co.id—Tim ahli paleontologi dari University of Texas di Austin melaporkan telah mengidentifikasi spesies baru berang-berang purba raksasa. Mereka menganalisis fosil yang ditemukan di beberapa situs dari Texas Coastal Plain.

Temuan tersebut telah dipublikasikan secara daring di jurnal Palaeontologia Electronica dengan judul "Anchitheriomys buceei (Rodentia, Castoridae) from the Miocene of Texas and a review of the Miocene beavers from the Texas Coastal Plain, USA."

"Satu spesimen fosil berang-berang purba dilaporkan dari fauna Hemingfordian dekat Navasota, TX. Monosaulax dan Anchitheriomys dijelaskan di sini dari beberapa fauna Barstovia awal termasuk takson baru," tulis peneliti.

"Spesimen yang dirujuk termasuk gigi gigi sebagian, gigi pipi yang terpisah, dan dua elemen pasca-kranial," mereka menambahkan.

Dijelaskan, spesies yang baru ditemukan ini hidup di tempat yang sekarang disebut Texas, Amerika Serikat, sekitar 15 juta tahun yang lalu (zaman Miosen).

Spesies baru ini memiliki nama ilmiah Anchitheriomys buceei, itu adalah berang-berang raksasa, mirip dengan spesies yang dikenal sebelumnya, Anchitheriomys fluminis.

Berang-berang purba itu hidup berdampingan dengan gajah purba, proto-kuda Merychippus dan Cormohipparion (badak Aphelops), Peraceras, dan Teleoceras. Dan juga hidup dan karnivora Paratomarctus, Tomarctus, dan Edaphocyon.

“Bagi pengamat biasa, Anchitheriomys buceei mungkin tidak akan terlihat jauh berbeda dari berang-berang yang hidup di Texas saat ini,” kata Matthew Brown, direktur koleksi paleontologi vertebrata di Jackson School Museum of Earth History di University of Texas di Austin.

“Namun, satu perbedaan utama adalah ukuran. Anchitheriomys buceei lebih besar, sekitar 30 persen lebih besar dari berang-berang modern. Meskipun masih jauh lebih kecil dari berang-berang seukuran beruang yang hidup di Amerika Utara selama Zaman Es Terakhir.

Catatan fosil berang-berang dari strata usia Miosen di Texas Coastal Plain sangat jarang. (WDAY Radio Staff)

Fosil Anchitheriomys buceei ditemukan di enam situs paleontologi di Texas Coastal Plain pada 1800-an hingga 1930-an.

Penemuan fosil berang-berang dari strata usia Miosen di Texas Coastal Plain sangat jarang. Kemunculan fosil berang-berang pertama kali terjadi pada fauna zaman Arikaree.