'Rantai' Vulkanik Raksasa Singkap Rahasia Cara Kerja Gunung Berapi

By Wawan Setiawan, Rabu, 29 Maret 2023 | 15:00 WIB
Sawn Rock – Nandewar Volcanic Range, NSW, salah satu gunung berapi yang dipelajari dari rantai vulkanik Australia timur. (Dr Tracey Crossingham)

Nationalgeographic.co.id—Peninggalan vulkanik yang tersebar di seluruh lanskap Australia adalah peta pergerakan benua ke utara melalui 'hotspot' di dalam Bumi, selama 35 juta tahun terakhir.

Peneliti dari University of Queensland, Dr Tamini Tapu, Associate Professor Teresa Ubide dan Profesor Paulo Vasconcelos menemukan bagaimana relik-relik ini mengungkapkan struktur bagian dalam gunung berapi Australia menjadi semakin kompleks karena keluaran hotspot magma menurun.

Dr Al-Tamini Tapu, yang proyek PhD-nya di School of Earth and Environmental Sciences di UQ menjadi dasar penelitian ini, mengatakan titik api sangat kuat pada tahap awal, menghasilkan beberapa atraksi alam paling dicintai di Australia bagian timur.

"Gunung berapi besar ini aktif hingga tujuh juta tahun," kata Dr Tapu.

"Gunung berapi terbentuk ketika benua bergerak di atas hotspot diam di dalam planet ini, melelehkan tanah di atasnya sehingga magma bisa mengalir ke atas,” jelas Dr Tapu. "Ini meninggalkan harta karun landmark vulkanik di belakangnya, membentuk rantai terpanjang dari 'hotspot' gunung berapi di Bumi - di sisi timur Australia.”

Saat Anda mengarahkan mata di sepanjang rantai besar ini, Anda akan menemukan gunung berapi Queensland seperti pegunungan rumah kaca dan gunung berapi Tweed, yang merupakan 'pelindung gunung berapi' yang dikunjungi oleh penduduk setempat dan wisatawan yang tak terhitung jumlahnya setiap tahun.

Pencurahan lava yang sangat besar dan berumur panjang di gunung berapi Tweed mungkin telah melemahkan hotspot, dan menyebabkan gunung berapi yang lebih muda di selatan menjadi lebih kecil dan berumur lebih pendek.

"Ini menunjukkan perubahan yang disebabkan karena benua bergeser di atas titik api yang melemah," tutur Dr Tapu.

Gambar mikroskopis lava beku dari gunung berapi Australia timur (Nandewar, NSW). Lebar gambar sebenarnya 25 mm. Kristal-kristal kecil yang diangkut oleh magma ini membuka sejarah letusan rantai gunung berapi raksasa Australia timur. (Dr Al-Tamini Tapu)

Associate Professor Teresa Ubide mengatakan bahwa, ketika produksi magma berkurang, gunung berapi menjadi lebih rumit secara internal, mengeluarkan lava yang penuh dengan kristal kompleks.

"Pahlawan kecil ini menyimpan rahasia bagaimana gunung berapi bekerja di dalam dan memberi tahu kita bahwa gunung berapi Australia akhir penuh dengan kantong magma, atau reservoir," kata Dr Ubide. "Saat mendingin dan menjadi lebih kental, menjadi lebih sulit untuk menghasilkan letusan, yang mungkin lebih eksplosif.”

"Kami menemukan bahwa kedatangan magma baru, lebih panas, dan kaya gas bertindak seperti botol minuman bersoda yang dikocok, menyebabkan peningkatan tekanan di magma, dan, akhirnya, letusan," tambahnya.