Teka-teki Eksodus, Mengapa Gunung Sinai Berada di Daerah Mesir?

By Tri Wahyu Prasetyo, Jumat, 31 Maret 2023 | 08:00 WIB
Musa di Gunung Sinai. (Bargais/ Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id—Hingga saat ini, lokasi Gunung Sinai yang menjadi situs penting bagi orang Yahudi, Kristen, dan Muslim, masih menjadi perdebatan para sejarawan.

Dilansir dari Ancient Origins, kata ‘Sinai’ dan ‘Horeb’ tidak dikenal dalam catatan Mesir. Semenanjung di antara Terusan Suez sekarang, dan perbatasan kuno Mesir di Sungai El Arish, dikenal dalam sejarah Mesir sebagai 'Mafkat', yang berarti 'tanah pirus', karena batu berharga ini telah ditambang di sana sejak awal sejarah.

Dalam Alkitab, Sinai adalah gunung di mana Musa diberikan Kitab Taurat oleh Tuhan. Karena gunung ini diperkirakan berada di semenanjung sebelah timur Mesir, maka semenanjung tersebut juga diberi nama Sinai. “Namun, ini hampir pasti merupakan sebuah kesalahan,” tulis Annette Duckworth dalam laman Ancient Origins.

Referensi pertama tentang gunung yang kita sebut 'Sinai' tercatat dalam Keluaran tiga, yang merupakan kisah Musa dan semak yang terbakar. 

Tidak diragukan lagi bahwa peristiwa ini terjadi di Midian, yang terletak di pantai timur Teluk Aqaba, jauh dari semenanjung yang disebut Sinai. Musa sedang merawat domba-domba mertuanya dan membawa mereka ke "sisi gunung yang jauh, ke padang gurun".

Gunung ini disebut sebagai 'Horeb', tetapi Kamus Alkitab Bergambar, yang diterbitkan oleh Tyndale, mengidentifikasi Horeb dan Sinai sebagai satu kesatuan.

Mungkinkah 'Horeb' adalah nama orang Midian dan 'Sinai' adalah nama Ibrani yang muncul belakangan. Kita tidak tahu.

Mungkin juga nama 'Sinai' berasal dari nama dewa bulan 'Sin', ”tetapi jika dewa ini pernah memiliki hubungan dengan daerah ini, agaknya informasi ini telah hilang,” tulis Duckworth

Musa di Gunung Sinai oleh Jean-Léon Gérôme (Public Domain/ Wikimedia Commons)

Di semak yang menyala, Tuhan mengarahkan Musa untuk pergi ke Mesir. Musa diberi tahu bahwa ketika ia telah membawa bangsa Ibrani keluar dari Mesir, ia harus membawa mereka untuk menyembah Tuhan di gunung ini. 

Ini adalah kesempatan ketika Musa diberikan bagian pertama dari Kitab Taurat oleh Tuhan, dan kita diberitahu bahwa ini terjadi di 'Gunung Sinai'.

Lantas benarkah bahwa Gunung Sinai berada di Midian Kuno? Dengan bukti ini, kita dapat menyimpulkan bahwa ‘Gunung Sinai’ berada di Midian.