Fred Kanoute: Eks Pesepak Bola yang Berupaya Bangun Masjid di Sevilla

By Galih Pranata, Minggu, 2 April 2023 | 13:00 WIB
Fred Kanoute berpose di Masjid Ankara, Turki. Ia merupakan eks pesepak bola yang tengah berupaya membangun masjid di Sevilla, Spanyol. (Anadolu Agency/Getty)

Nationalgeographic.co.id—Mantan pesepakbola Fred Kanoute, yang populer selama bermain untuk Sevilla, memimpin upaya untuk menyediakan ruang ibadah yang permanen bagi kaum Muslim di kota Sevilla, Spanyol.

Fred Oumar Kanoute yang juga dikenal Frédéric Kanouté, telah mengumpulkan $1.000.000 (US Dollar) dalam kampanye crowdfunding online.

Kanoute, adalah eks pesepak bola Sevilla yang berupaya mendirikan masjid di Sevilla, Spanyol dan pusat budaya pertama yang dibangun khusus di kota tersebut, selama lebih dari 700 tahun sejak Islam masuk ke Andalusia.

Kanoute, seorang Muslim kelahiran Prancis dengan latar belakang Mali yang sebelumnya bermain untuk Sevilla FC, memulai kampanye tahun lalu di LaunchGood, sebuah platform crowdfunding yang berfokus pada komunitas Muslim global.

“Terima kasih dan semoga Allah membalas Anda untuk semua yang berpartisipasi dalam kampanye ini,” tulis Kanoute pada akun Twitter-nya.

Olga Torres, anggota departemen Studi Arab dan Islam di Universitas Seville, Spanyol, menyebutkan bahwa belum ada masjid yang dibangun khusus di kota itu selama hampir 700 tahun lamanya.

Proyek masjid ini diperkirakan "membutuhkan biaya sebesar $13.100.000," tulis Usaid Siddiqui kepada Al Jazeera dalam artikel berjudul "Kanoute raises $1m to build Seville’s first mosque in 700 years" yang terbit pada 20 Mei 2020.

Sejak tahun 2019 silam, Kanoute telah bekerja sama dengan Seville Mosque Foundation (SMF). "Ketika saya tiba di sana (Seville), sangat sulit menemukan masjid," ujar Kanoute kepada Al Jazeera

Gagasan inilah yang pada akhirnya mendorong keinginan besar Kanoute untuk mendirikan masjid bagi komunitas Muslim yang ada di sana. Kanoute sendiri dikabarkan memeluk Islam dan menjadi mualaf pada saat ia berusia 20 tahun.

Komunitas Muslim Sevilla adalah "percampuran yang indah" termasuk di dalamnya terdapat mualaf Spanyol, generasi kedua Muslim Spanyol, dan orang-orang dari latar belakang Aljazair, Maroko, Senegal, dan Mali.

Spanyol diperkirakan memiliki komunitas sekitar dua juta Muslim, yang di antaranya sekira 30.000 muslim tinggal di Kota Sevilla.

Pada tahun 2007, Kanoute, yang pada tahun ini memenangkan Copa Del Rey dan UEFA Cup, membeli sebuah musala, atau ruang salat kecil, di Sevilla yang hampir ditutup setelah kontrak tempat itu berakhir.