Mencari Syeba: Di Mana Ratu Balqis Memerintah, Arab atau Afrika?

By Tri Wahyu Prasetyo, Rabu, 5 April 2023 | 10:00 WIB
Raja Salomo bertemu dengan Ratu Sheba dalam lukisan abad ke-16 karya Lambert Sustris. (GALERI NASIONAL LONDON/ RMN GRAND PALAIS)

Nationalgeographic.co.id—Alkisah, Seorang ratu dari negeri Syeba yang tidak disebutkan namanya pergi ke Yerusalem dengan membawa emas, permata dan rempah-rempah.

Memiliki sifat gemar mencari pengetahuan, sang ratu memiliki ketertarikan khusus pada Salomo yang terkenal akan kebijaksanaannya.

Ratu mencoba menguji Salomo dengan beberapa “pertanyaan sulit”. Salomo menerima tantangan tersebut serta menunjukkan keramahannya kepada sang ratu.

Dalam Alkitab disebutkan, bahwa Ratu Balqis memberikan berbagai hadiah kepada Salomo atas keramahannya.

"Tidak pernah ada lagi rempah-rempah yang dibawa masuk sebanyak yang diberikan oleh Ratu Syeba kepada Salomo." Kemudian, ratu berkata kepadanya: "Dalam hikmat dan kekayaan engkau telah jauh melebihi laporan yang kudengar" (1 Raja-raja 10:7).

Kisah perjumpaan alkitabiah ini telah memberikan dampak yang sangat besar pada imajinasi populer, memproyeksikan tema-tema keindahan, kekayaan, kekuasaan, eksotisme, intrik, keajaiban, dan cinta.

Kisah sang ratu telah banyak mengilhami karya-karya seni di Eropa, seperti seni lukis, musik, bahkan film epik Hollywood.

Menjelang akhir hayatnya, pelukis Prancis abad ke-19, James Tissot, melukis banyak karya dengan tema-tema Alkitab, termasuk pertemuan Raja Salomo dan Ratu Sheba. (ALAMY)

Nama Ratu Syeba dapat ditemukan dalam kitab-kitab agama samawi dan juga pada literatur-literatur kuno. 

Kebra Nagast, sebuah epos Kristen dari abad ke-14, menghubungkan Ratu Syeba dengan berdirinya Ethiopia. Menurut literatur ini, bahwa Syeba Kuno terletak di Ethiopia.

Dikisahkan sang ratu dan Salomo memiliki seorang putra yang kelak memerintah Ethiopia Hingga keturunan akhirnya (Inilah yang dikatakan arkeologi tentang tambang-tambang Raja Salomo).

Meskipun demikian, hingga saat ini tidak ditemukan bukti arkeologis yang menunjukan secara pasti siapa sebenarnya sang ratu dan dari mana asalnya. Boleh jadi, ia merupakan gabungan dari tokoh-tokoh sejarah yang ada atau bahkan sepenuhnya legenda.