Mosaik Misterius dengan Gambar Medusa Ditemukan di Vila Romawi Kuno

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 8 April 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi mosaik Medusa. Para arkeolog dua mozaik dengan gambar Medusa di vila Romawi kuno. (Theoi)

Nationalgeographic.co.id - Para arkeolog melaporkan telah menemukan mosaik Medusa yang misterius di vila Romawi kuno di Italia dari abad ke-2 yang digunakan kaisar. Medusa adalah toko mitologi Yunani kuno yang rambutnya terbuat dari ular dan tatapannya dikatakan dapat mengubah manusia menjadi batu.

Penemuan tidak terduga tersebut dari penggalian sebuah vila dari zaman Romawi kuno di Italia. Dari sana mereka menemukan dua mozaik dengan gambar Medusa.

Tim menemukan mozaik di ruang bundar di Vila Antonines, disebut demikian karena digunakan oleh anggota dinasti Antonine yang memerintah Kekaisaran Romawi dari tahun 138 M hingga 193 M.

"Mosaik tersebut kemungkinan berasal dari abad kedua Masehi," kata para peneliti pada presentasi di pertemuan tahunan Institut Arkeologi Amerika, yang diadakan di New Orleans pada bulan Januari tahun ini.

Di kedua mozaik itu, Medusa melihat ke kejauhan, mungkin membuat pengamat bertanya-tanya, "Apa yang dipikirkan wanita-wanita ini?" Timothy Renner, seorang profesor klasik dan humaniora umum di Montclair State University di New Jersey saat presentasi.

Renner juga merupakan salah satu direktur tim yang menggali situs tersebut. Ia memiliki spesialisasi sejarah Mediterania kuno dan sekitarnya serta arkeologi Yunani, Latin, dan klasik.

Selanjutnya, tim menemukan mozaik Medusa dalam dua ceruk yang dipotong menjadi ruangan melingkar di vila, satu mosaik terdapat di bagian barat laut ruangan dan satu mosaik lagi di bagian tenggara.

Ruangan itu memiliki dua ceruk lain, tetapi tidak ada sisa-sisa mozaik yang ditemukan di dalamnya. Masih menjadi misteri untuk apa ruangan ini digunakan dan mengapa berisi mozaik Medusa.

"Namun, pasti sangat mengesankan untuk memasuki ruangan," kata Deborah Chatr Aryamontri, Lektor kepala di Classics & General Humanities Department serta Research Associate di Center for Heritage and Archaeological Studies di Montclair State University dan salah satu direktur tim, selama wawancara dengan Live Science.

Aryamontri adalah Lektor kepala di Classics & General Humanities Department serta Research Associate di Center for Heritage and Archaeological Studies di Montclair State University. Sejak 2010, dia adalah direktur Proyek 'Villa of the Antonines' di Italia.

Aryamontri adalah seorang arkeolog lapangan dan telah berpartisipasi dalam penggalian dan kegiatan laboratorium dengan beberapa proyek arkeologi, khususnya di kota kuno Lavinium (Italia). Ia mencatat bahwa ruangan yang baru ditemukan memiliki diameter sekitar 69 kaki atau sekitar 21 meter.

"Menemukan mosaik itu (merupakan) kejutan yang menyenangkan," kata Chatr Aryamontri. Ia mencatat bahwa banyak dekorasi vila yang paling mengesankan dihilangkan selama abad ke-18 dan ke-19 dengan alasan yang belum diketahui.