Istana Dolmabahçe Jadi Saksi Sejarah Ottoman Menuju Republik Turki

By Galih Pranata, Rabu, 12 April 2023 | 11:00 WIB
Potret kemegahan Istana Dolmabahçe Istanbul yang menjadi saksi sejarah perjalanan Kekaisaran Ottoman menuju Pemerintahan Republik Turki. (Daily Sabah)

Nationalgeographic.co.id—Apa salah satu simbol paling megah dari perubahan identitas Kekaisaran Ottoman pada abad ke-19? Salah satu jawabnya, Istana Dolmabahçe Istanbul yang masih berdiri dengan kokoh di usianya yang ke-167.

Pada masa pemerintahan Sultan Abdülmecid I, istana pesisir Beşiktaş dirasa kurang dari segi fungsi. Peletakan batu pertama Istana Dolmabahçe dan proses pendiriannya secara resmi dimulai pada 13 Juni 1843.

Arsitek penting pada masa itu, Abdülhalim Bey, Altunizade İsmail Zühtü Pasha, Karabet Balyan, Ohannes Serveryan, Nikoğos Balyan dan James William berpartisipasi dalam proses pembangunan istana nun megah itu.

Dengan pemandangan spektakuler dan terbentang seluas 110.000 meter persegi di tepi pantai, Istana Dolmabahçe dibuka untuk digunakan pada 7 Juni 1856.

"Fakta bahwa kediaman penguasa Ottoman dipindahkan ke Dolmabahçe dari Istana Topkapi menunjukkan pergeseran dalam kehidupan politik dan sosial Ottoman," tulis Anadolu kepada Daily Sabah dalam sebuah artikel berjudul Silent witness of 166 years of history: Dolmabahçe Palace yang diterbitkan pada 9 Juni 2022.

Anadolu meneruskan bahwa "struktur Istana Dolmabahçe yang dipadukan dengan arsitektur gaya Barat mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang berubah dalam masyarakat dalam hal gagasan dan semangat."

Istana Dolmabahçe yang terbagi menjadi tiga bagian terdiri dari kantor administrasi (Mabeyn-i Humayun), tempat penyelenggaraan urusan administrasi negara, harem (Harem-i Humayun) milik kehidupan pribadi sultan dan keluarganya, dan pakaian upacara (Muayede Salonu) disediakan untuk upacara kenegaraan penting sultan di antara dua bagian ini.

Kemegahan Istana Dolmabahçe tergambar jelas dengan tersedianya 285 kamar, 44 aula, 68 kamar mandi, enam pemandian Turki, dan enam balkon. Ia menjadi istana terbesar yang pernah berdiri di Turki.

Itu juga mencerminkan gaya arsitektur rococo, baroque dan neoklasik, berbeda dari Istana Topkapı dalam hal perencanaan arsitekturalnya. Istana Topkapı dirancang melalui perluasan dan rekonstruksi, tata letak yang telah ditentukan sebelumnya diterapkan untuk Dolmabahçe.

Dinding luar Istana Dolmabahçe terbuat dari batu, dan dinding dalamnya terbuat dari batu bata. Lantainya terbuat dari kayu dan bahan lain seperti batu Sarıyer, Foça (Phokaia) dan Karamürsel, serta batu dari Marseille dan Trieste.

Sedangkan untuk marmer, marmer Marmara lebih disukai. Langit-langit istana umumnya terbuat dari kayu atau timah; namun, penutup atap tangga kristal, bagian istana yang paling megah, adalah kaca langit-langit berkubah.

Begitu juga tangga menuju lantai atas dari aula masuk (Salon Medhal), pintu masuk utama, sangat penting dalam tata letak istana. Spindel pegangan tangga terbuat dari kristal, melengkung dengan gaya barok, dan tangga diterangi oleh lampu kristal yang megah.