Amnesia Sejarah: Kontribusi Pencapaian Muslim Terhadap Dunia

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 16 April 2023 | 15:30 WIB
Banyak kontribusi muslim terhadap peradaban modern dan menjadi kasus amnesia sejarah. (Ancient Origins)

 

Nationalgeographic.co.id – Pencapaian dan kontribusi budaya Muslim terhadap pendidikan, filsafat perawatan kesehatan, dan ilmu pengetahuan sangat besar. Meskipun banyak para ilmuwan yang tidak dikenal dunia layaknya ilmuwan Eropa dan Barat.

Kebanyakan para ilmuwan hebat muslim ini tidak mempatenkan ilmunya. Mungkin mengejutkan bagi sebagian orang bahwa universitas pertama di dunia didirikan oleh dua wanita Muslim, Fatima dan Miriam al-Firhi, yang mendirikan Al-Qarawiyyin di Fez, Maroko pada tahun 859 M.

Siswa disekolahkan di sini dalam banyak mata pelajaran sekuler dan agama, dan pada akhir pendidikan mereka, guru mengevaluasi siswa dan memberikan gelar berdasarkan kinerja yang baik. Konsep pemberian gelar kemudian menyebar ke Andalucía, Spanyol, dan kemudian ke Universitas Bologna di Italia dan Oxford di Inggris. 

Muslim Spanyol di Andalucía adalah pendukung kuat pendidikan dan antara abad ke-8 dan ke-15, merupakan salah satu pusat dunia untuk pendidikan dan pengetahuan. Siswa dari berbagai aliran belajar sains dari umat Islam di lingkungan pendidikan yang menekankan pentingnya toleransi.

Hampir dari abad ke-7 hingga abad ke-15 ilmuwan Muslim mendominasi dunia sains dan teknologi. Dari ilmuwan terkenal pertama "Khalid bin Yazeed" hingga yang terakhir seperti "Jamshed Al Kashi" dan "Ulug Begh" ada ratusan orang yang bertanggung jawab atas perkembangan matematika, fisika, astronomi, ilmu kedokteran, dan kimia. 

Kontribusi untuk filsafat

Salah satu kontribusi Muslim terbesar bagi peradaban dimulai pada abad ke-8 ketika cendekiawan Muslim menerjemahkan kearifan yang ditemukan dalam teks-teks filsafat Yunani kuno, menciptakan salah satu transmisi pengetahuan terbesar dalam sejarah dunia.

Para cendekiawan Muslim membawa gagasan para penulis besar Yunani seperti Socrates, Aristoteles, dan Plato ke Eropa, di mana filsafat mereka diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Eropa lainnya. Kaum Muslim membangkitkan kembali filsafat Yunani dan menghidupkan kembali benua Eropa yang dijejali dogma agama dan konflik internal berdarah.

Kontribusi untuk perawatan kesehatan

Pada tahun 872 di Kairo, Mesir, rumah sakit Ahmad ibn Tulun didirikan dan dilengkapi dengan institusi yang rumit dan berbagai fungsi: pusat perawatan medis, rumah penyembuhan bagi mereka yang baru pulih dari penyakit atau kecelakaan, dan rumah jompo yang memberikan perawatan dasar kebutuhan orang lanjut usia dan lemah yang tidak memiliki keluarga untuk merawat mereka.

Itu juga merupakan rumah sakit pertama yang memberikan perawatan kepada orang sakit jiwa. Seperti rumah sakit Islam lainnya yang segera menyusul, Tulun adalah institusi sekuler yang merasa memiliki keharusan moral untuk merawat siapa pun: pria atau wanita, dewasa atau anak-anak, kaya atau miskin, serta Muslim dan non-Muslim.

Baca Juga: Misteri Jabir ibn Hayyan, Ilmuwan Muslim Bapak Ilmu Kimia Modern