Rahasia Gelap Kekaisaran Ottoman, Ada Tradisi Pembunuhan Saudara

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 10 April 2023 | 16:00 WIB
Terdapat rahasia kelam di Kekaisaran Ottoman, salah satunya ada tradisi pembunuhan saudara. (Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah yang berlangsung dari 1299 hingga 1922 M, menguasai hamparan luas tanah di sekitar Laut Mediterania.

Namun, tahukah Anda? Kekaisaran ini nyatanya memiliki rahasia kelam. Apakah itu? Simak kisahnya berikut.

Pembunuhan Saudara

Sultan Ottoman awal tidak mempraktekkan anak sulung, di mana putra sulung mewarisi segalanya. Akibatnya, beberapa bersaudara kadang-kadang mengklaim tahta dan hari-hari awal kekaisaran diganggu oleh orang-orang berlindung di negara musuh dan menimbulkan masalah selama bertahun-tahun.

Ketika Mehmed, sang penakluk mengepung Konstantinopel, pamannya sendiri berperang melawannya dari tembok. Mehmed mengatasi masalah tersebut dengan kebiasaannya yang kejam. Ketika dia naik takhta, dia mengeksekusi sebagian besar kerabat laki-lakinya, termasuk seorang bayi laki-laki yang dicekik di tempat tidurnya.

Belakangan, dia mengeluarkan undang-undangnya yang terkenal: “Dan kepada siapa pun putra-putraku yang akan diberikan Kesultanan, sudah sepantasnya untuk ketertiban dunia dia akan membunuh saudara-saudaranya. Sebagian besar Ulama membolehkan hal ini. Jadi biarkan mereka yang bertindak.” 

Sejak saat itu, setiap sultan baru harus naik takhta dengan membunuh semua kerabat laki-lakinya. Mehmed III mencabut janggutnya karena sedih ketika adik laki-lakinya memohon belas kasihan padanya.

Tapi dia tidak pernah menjawab sepatah kata pun, dan bocah itu dieksekusi bersama 18 saudara lainnya. Pemandangan 19 tubuh terselubung mereka berguling-guling di jalan-jalan dikatakan telah membuat seluruh Istanbul menangis. Bahkan setelah putaran awal pembunuhan, kerabat sultan tidak selamat.

Suleiman yang Agung menyaksikan diam-diam dari balik layar sementara putranya sendiri dicekik dengan tali busur; anak laki-laki itu menjadi terlalu populer di kalangan tentara sehingga sultan tidak merasa aman.

Kebijakan pembunuhan saudara tidak pernah populer di kalangan publik atau ulama, dan diam-diam ditinggalkan ketika Ahmed I tiba-tiba meninggal pada tahun 1617.

Sebaliknya, calon pewaris takhta dikurung di Istana Topkapi di Istanbul di apartemen khusus yang dikenal sebagai kafes (kandang). Seorang pangeran Kekaisaran Ottoman menghabiskan seluruh hidupnya dipenjara, diawasi terus-menerus oleh penjaga.

Penjara biasanya mewah tetapi ditegakkan dengan ketat, dan banyak pangeran menjadi gila karena bosan atau menjadi bejat dan bergantung pada alkohol.