Kisah Al-Battani, Ilmuwan Muslim Penemu Jumlah 365 Hari dalam Setahun

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 15 April 2023 | 11:00 WIB
Al-Battani, bapak astronom Muslim. (TRT World)

Nationalgeographic.co.id – Percaya atau tidak, peradaban Islam mampu menghasilkan begitu banyak penemuan yang terus menjadi pedoman hingga saat ini, khususnya di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Salah satunya ialah Al-Battani, sang ilmuwan muslim di bidang astronomi.

Dikutip Britannica, nama lengkap Al-Battani adalah Mohammed ibn Jabir ibn Sinan Al-Harrani Al-Battani, juga dikenal sebagai Albategnius atau Albatenius lahir pada tahun 858 di Harran dekat Urfa yang sekarang berada di Turki.

Matematikawan dan astronom Mesopotamia-Arab ini mengikuti jejak ayahnya, Jabir Ibn San'an Al-Battani, seorang ilmuwan yang mempelajari benda-benda langit. Ayahnya juga yang membangkitkan minatnya pada astronomi.

Meskipun leluhur Al-Battani berasal dari sekte Sabian kuno, yakni sebuah sekte agama pemuja bintang dari Harran. Beberapa peneliti menegaskan bahwa dia sendiri beragama Islam.

Ketertarikannya pada benda-benda yang ada di langit itu terus membuatnya dengan serius menekuni astronomi. Bahkan, demi mempelajari astronomi Al-Battani terus mempelajari teks-teks kuno karya Ptolemeus. Tak hanya di kalangan umat Islam, karya Al-Battani di bidang astronomi juga terkenal di dunia Barat.

Membicarakan kemajuan ilmuan barat dalam menciptakan teknologi dalam ilmu pengetahuan juga tidak terlepas dari penemuan yang dilakukan oleh ilmuan Islam pada Abad Pertengahan.

Dalam kehidupan sehari-hari, hasil karya Al-Battani adalah penanggalan Masehi yang kita gunakan saat ini. Selain itu, hitungan satu tahun yang menyebutkan 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik, merupakan ilmu terapan berkat penelitian yang dilakukan para ilmuwan Islam.

Al-Battani memiliki kontribusi besar dan signifikan dalam astronomi dan matematika. Dalam astronomi, ia melakukan pengamatan astronomi selama lebih dari empat puluh tahun.

Selain itu, dia melakukan beberapa koreksi atas hasil Ptolemeus dan membuat beberapa tabel baru tentang Matahari dan Bulan. Dia juga bisa menentukan sudut akurasi gerhana, dan dia juga memberikan panjang tahun matahari.

Dalam matematika, dia menemukan hubungan baru dalam trigonometri, dan membuat tabel kotangen, dan membuat beberapa rumus dalam trigonometri bola.

Dia menulis buku-buku berikut, Kitab Al-Zij dikenal sebagai Al-Zij Al-Sabi. Dan buku ini dianggap sebagai karya paling signifikan karena mencakup banyak hal yang belum pernah diambil sebelumnya.

Kontribusi terbesar Al Battani seperti yang tercatat dalam Zij-nya adalah: dia mengatalogkan 489 bintang yang mengejutkan pada saat instrumen untuk melihat langit langka dan belum sempurna; penentuan tahun matahari pada 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 2 detik, sangat dekat dengan perhitungan yang diterima saat ini; dia menunjukkan kepada Dunia bahwa jarak terjauh matahari dari Bumi adalah variabel dan oleh karena itu gerhana matahari annular mungkin terjadi, seperti halnya gerhana total.