Kapibara si 'Masbro' Terkenal di TikTok dan Itu Bisa Menjadi Masalah

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 22 April 2023 | 16:00 WIB
Kapibara, hewan pengerat terbesar di dunia. Viral di Tiktok dan dijuluki capybara masbro. (Wallpaper Flare)

Nationalgeographic.co.id - Selama ini kucing menjadi hewan primadona di internet. Namun, belakangan ini beberapa hewan menarik perhatian warganet internasional.

Salah satunya adalah kapibara. Hewan pengerat terbesar di dunia ini viral di TikTok. Hewan ini terkenal karena kelucuan dan kesantaiannya sehingga dijuluki sebagai 'Masbro'.

Selain kapibara, axolotl dan naga berjanggut juga belakangan viral dalam video-video di TikTok dan media sosial lainnya.

Keviralan itu sebagian besar karena mereka imut atau jelek-imut. Namun, para ahli mengatakan itu juga ada hubungannya dengan media itu sendiri.

"Orang-orang beresonansi dengan video ini saat mereka menambahkan keterangan mirip manusia untuk hewan," tulis Julia Lee Cunningham, profesor di University of Michigan yang juga seorang National Geographic Explorer.

Video-video ini menginspirasi kita untuk peduli terhadap satwa liar. Namun, video-video itu mungkin juga memiliki bahaya tersembunyi, karena semakin banyak orang mencari hewan eksotis sebagai hewan peliharaan.

Jadi mengapa hewan-hewan ini memenangkan hati kita—dan bagaimana semua sanjungan memengaruhi kesejahteraan mereka? Inilah yang perlu Anda ketahui.

Kapibara

Hewan asli Amerika Selatan ini adalah hewan pengerat terbesar di dunia dengan miliaran view di TikTok.

Mereka bahkan telah menginspirasi salah satu musisi Rusia di platform media sosial untuk membuat salah satu lagu paling catchy yang berpusat pada makhluk hidup sejak Baby Shark.

Kapibara, hewan pengerat terbesar di dunia. (Pxfuel)

Kapibara tidak berwajah bayi tetapi "terlihat rentan, bulat," kata Oriana Aragon, psikolog sosial di University of Cincinnati. Hal inilah yang bisa menjadi penarik perhatian kita.