Mengapa Kapibara Dijuluki 'Masbro' dan Disukai Banyak Hewan Lain?

By Utomo Priyambodo, Minggu, 23 April 2023 | 08:00 WIB
Tubuh kapibara dihinggapi burung. Herwan pengerat ini memang kerap terlihat 'nongkrong' atau berkumpul dengan hewan lain, bahkan pernah terlihat dengan santai menaiki tubuh buaya. (Charles J. Sharp/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Media sosial telah membuat kapibara yang sebelumnya jarang dikenal, menjadi begitu terkenal dan disukai banyak orang. Satwa asal Amerika Selatan ini merupakan hewan pengerat terbesar di dunia.

Ukuran tubuh kapibara bisa mencapai panjang 134 sentimeter dan berat hingga 66 kilogram. Meski bertubuh cukup besar, mamalia ini jago berenang karena merupakan hewan semi-akuatik.

Yang menarik dari kapibara, selain kelucuan dan ekspresi mukanya, adalah sikap santainya. Hewan ini begitu santai sampai-sampai banyak hewan lain tak sungkan berkumpul dengan kapibara bahkan hinggap di tubuhnya.

Sejumlah hewan sempat tertangkap kamera sedang nongkrong atau berkumpul akrab dengan kapibara, mulai dari burung, kucing, anjing, bebek, kelinci, monyet, bahkan buaya atau aligator.

Hewan-hewan yang bertubuh kecil kerap hinggap di tubuh kapibara. Sebaliknya, kapibara juga pernah naik di tubuh buaya tanpa diserang hewan buas itu.

Lebih lanjut, netizen Indonesia bahkan menjuluki kapibara sebagai 'masbro' karena sikap hewan ini yang begitu santai dan suka nongkrong dengan hewan lain. Mirip anak tongkrongan.

Sekilas, kita bisa menilai sendiri bahwa tampaknya banyak hewan lain suka pada kapibara karena sifatnya yang sangat santai dan bersahabat. Namun, kenapa kapibara begitu bersahabat?

Sifat bersahabat ini muncul antara lain karena kapibara adalah hewan sosial. Dikutip dari Bored Panda, hewan lucu ini sangat sosial dan sering hidup berkelompok yang terdiri atas belasan hingga puluhan individu.

Hewan ini adalah mamalia semi-akuatik yang lebih suka tinggal di dekat badan air. Mereka begitu santai karena mereka perenang yang hebat, dapat menghindari pemangsa dengan tetap menyelam hingga 5 menit.

Menurut Chirps & Squeaks, kapibara dikenal sangat ramah antara lain karena mereka hewan pengerat raksasa. Mereka memiliki banyak kesamaan dengan hewan pengerat kecil, seperti marmot.

Kapibara juga herbivora. Dan sebagai hewan mangsa, bukan pemangsa, mereka cenderung tidak agresif.

Selain itu, kehidupan dalam kelompok besar mengharuskan kapibara untuk bersosialisasi dengan individu dan makhluk lain. Kehidupan berkelompok ini membuat mereka bergaul dengan hewan atau kelompok lain dari jenis mereka maupun di luar jenis mereka.