Jimmu, Kaisar Jepang yang Pertama dan Pendiri Mitos Dinasti Kekaisaran

By Sysilia Tanhati, Rabu, 10 Mei 2023 | 20:35 WIB
Kaisar Jimmu atau Jinmu Tenno adalah Kaisar Jepang pertama dan pendiri mitos dinasti kekaisaran. (Tsukioka Yoshitoshi)

Nationalgeographic.co.idKaisar Jimmu atau Jinmu Tenno adalah Kaisar Jepang pertama dan pendiri mitos dinasti kekaisaran. Kaisar legendaris itu lahir di Kojiki pada hari pertama bulan pertama, 660 Sebelum Masehi. Setelah Jimmu, Kaisar Jepang penerusnya dipercaya sebagai keturunannya.

Silsilah Jimmu

“Menurut kepercayaan Shinto, Jimmu dianggap sebagai keturunan langsung dewi matahari, Amaterasu,” tulis Amy Tikkanen di laman Britannica.

Amaterasu memiliki seorang putra bernama Ame no Oshihomimi no Mikoto. Dan melaluinya, lahir seorang cucu bernama Ninigi-no-Mikoto.

Sang dewi mengirim cucunya ke pulau-pulau Jepang di mana ia akhirnya menikah dengan Putri Konohana-Sakuya.

Di antara ketiga putra mereka, ada Hikohohodemi no Mikoto yang menikah dengan Putri Toyotama.

Dia adalah putri dari Owatatsumi, dewa laut Jepang dan saudara dari Amaterasu.

Hikohohodemi no Mikoto memiliki seorang putra tunggal bernama Hikonagisa Takeugaya Fukiaezu no Mikoto. Anak laki-laki itu ditinggalkan oleh orang tuanya saat lahir.

Ia dibesarkan oleh Putri Tamayori, adik perempuan ibunya. Mereka akhirnya menikah dan memiliki total empat putra. Yang terakhir menjadi Kaisar Jepang Jimmu.

Kronik Jepang mencatat ekspedisi Jimmu ke arah timur dari Hyuga pada 607 Sebelum Masehi di sepanjang Laut Pedalaman Jepang. Ia menaklukkan suku-suku di sepanjang perjalanan dan berakhir di Yamato.

“Di Yamato, Jimmu mendirikan pusat kekuasaannya,” Tikkanen menambahkan.

Amaterasu dan pembentukan Kekaisaran Jepang