Arkeolog Menemukan Patung Buddha Abad Ke-1 dari Masa Kekaisaran Romawi

By Ricky Jenihansen, Minggu, 14 Mei 2023 | 10:00 WIB
Temuan patung Buddha berusia 1.900 tahun di Mesir pada masa pemerintahan Kekaisaran Romawi, menunjukkan bahwa ada umat Buddha telah tinggal di sana. (Egyptian Ministry of Tourism and Antiquities)

Nationalgeographic.co.id—Tim arkeolog di Mesir telah mengumumkan penemuan tidak biasa di pelabuhan Mesir kuno, Berenike, di pantai Laut Merah. Mereka menemukan patung Buddha dari abad ke-1 dari masa Kekaisaran Romawi sekitar 1.900 tahun lalu.

Patung tersebut kemungkinan berasal atau dipindahkan dari Asia Selatan ke Mesir kuno saat penguasaan Kekaisaran Mesir. Dan itu menunjukkan kehadiran umat Buddha tinggal di Mesir pada zaman pemerintahan Kekaisaran Romawi.

Temuan tersebut, menunjukkan bahwa sejarah kuno penuh dengan contoh ikatan lintas budaya. Lintasan tersebut telah melampaui segala macam batasan, bahkan sebelum telekomunikasi dan perjalanan ada seperti yang kita kenal sekarang.

Dengan ditemukannya, patung Pangeran Siddhartha atau Buddha Gautama berusia 1.900 tahun itu, penemuan ini telah menjelaskan lebih lanjut tentang hubungan perdagangan antara Mesir Romawi dan anak benua India.

Tim arkeolog internasional menemukan patung itu saat sedang menggali di kuil kuno di Berenike, menurut pernyataan pers Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Patung yang baru ditemukan itu terbuat dari marmer Mediterania dan berdiri setinggi 2 kaki atau sekitar 61 sentimeter. Patung ini adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di sebelah barat Afghanistan.

Bersamaan dengan patung itu, para arkeolog juga menemukan dua koin abad kedua dari kerajaan Satavahana di India Tengah.

Untuk diketahui, kerajaan Satavahana adalah kerajaan asli India pertama yang mengeluarkan koinnya sendiri dengan gambar penguasaanya. Penggunaan mata uang tersebut dimulai dari raja Gautamiputra Satakarni yang dianggap merupakan penguasa terbesar kekaisaran tersebut.

Berdasarkan bukti-bukti arkeologis yang telah ditemukan, bahwa permulaan kekuasaan Satavahana dapat diketahui sekitar akhir abad ke-1 SM. Beberapa ahli juga dapat menelusurinya hingga abad ke-3 SM dan bertahan hingga beberapa ratus tahun setelahnya.

Dengan adanya temuan ini, menurut para arkeolog, menunjukkan adanya hubungan dagang antara kekaisaran di India dengan Mesir di masa penguasaan Kekaisaran Romawi sekitar abad ke-1.

Sang Budha

Patung Buddha tersebut menggambarkan Siddhartha Gautama yang hidup di Asia Selatan sekitar 2.550 tahun yang lalu.