Bukti 'Sidik Jari' Manusia pada Perubahan Iklim dan Suhu Atmosfer Bumi

By Wawan Setiawan, Selasa, 16 Mei 2023 | 16:00 WIB
Pemanasan global adalah penyebab fenomena alam ekstrem yang semakin sering dan ganas. Penelitian baru memberikan bukti yang jelas tentang 'sidik jari' manusia pada perubahan iklim. (IBERDROLA)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru memberikan bukti yang jelas tentang "sidik jari" manusia pada perubahan iklim dan menunjukkan bahwa sinyal spesifik dari aktivitas manusia ini telah mengubah struktur suhu atmosfer bumi.

Perbedaan antara tren suhu troposfer dan stratosfer yang lebih rendah telah lama dikenal sebagai sidik jari pengaruh manusia terhadap iklim. Sidik jari ini, bagaimanapun, mengabaikan informasi dari stratosfer tengah ke atas, 25 sampai 50 kilometer di atas permukaan bumi.

“Mencakup informasi ini meningkatkan pendeteksian sidik jari manusia dengan faktor lima. Peningkatan pendeteksian terjadi karena stratosfer tengah ke atas memiliki sinyal pendinginan yang besar dari peningkatan CO2 yang disebabkan oleh manusia, tingkat kebisingan kecil dari variabilitas internal alami, dan perbedaan sinyal serta pola kebisingan," menurut artikel jurnal, "Kontribusi stratosfer luar biasa untuk sidik jari manusia pada suhu atmosfer."

Temuan ini telah diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) bertajuk “Exceptional stratospheric contribution to human fingerprints on atmospheric temperature.”

Kebisingan di troposfer dapat mencakup cuaca sehari-hari, variabilitas antartahun yang timbul dari El Niño dan La Niña, juga fluktuasi iklim alami jangka panjang.

Di stratosfer atas, kebisingan variabilitas lebih kecil, dan sinyal perubahan iklim yang disebabkan manusia lebih besar, sehingga sinyal dapat lebih mudah dibedakan.

"Memperluas sidik jari ke stratosfer atas dengan catatan suhu yang panjang dan model iklim yang lebih baik berarti bahwa saat ini hampir tidak mungkin penyebab alami menjelaskan tren yang diukur satelit dalam struktur termal atmosfer bumi," tulis para peneliti.

"Ini adalah bukti paling jelas tentang sinyal perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia yang terkait dengan peningkatan CO2," menurut penulis utama Benjamin Santer, seorang ilmuwan tambahan di Departemen Oseanografi Fisik di Woods Hole Oceanographic Institute (WHOI) di Massachusetts.

"Penelitian ini memotong dan membantah klaim bahwa perubahan suhu atmosfer dan permukaan baru-baru ini adalah alami, baik karena Matahari atau karena siklus internal dalam sistem iklim. Penjelasan alami hampir tidak mungkin dalam hal apa yang kita lihat di sini: perubahan dalam struktur suhu atmosfer," tambah Santer, yang telah mengerjakan sidik jari iklim selama lebih dari 30 tahun.

"Penelitian ini mengesampingkan klaim yang salah bahwa kita tidak perlu menangani perubahan iklim secara serius karena semuanya alami," imbuhnya.

Penelitian ini dimotivasi oleh penelitian sebelumnya oleh Suki Manabe dan Richard Wetherald, yang pada tahun 1967 menggunakan model iklim sederhana untuk mempelajari bagaimana CO2 dari pembakaran bahan bakar fosil dapat mengubah suhu atmosfer.

Pemodelan mereka menemukan fitur yang sangat khas: peningkatan kadar CO2 menyebabkan lebih banyak panas yang terperangkap di troposfer (lapisan terendah atmosfer Bumi) dan lebih sedikit panas yang keluar lebih tinggi ke stratosfer (lapisan di atas troposfer), sehingga menghangatkan troposfer bumi dan mendinginkan stratosfer.