Asal-usul Valhalla, Surga Tempat Para Pejuang di Mitologi Nordik

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 21 Mei 2023 | 07:00 WIB
Valhalla dalam mitologi Nordik adalah surga atau akhirat di mana pejuang mulia yang gugur tinggal bersama Odin. (Vickings Valhalla)

Nationalgeographic.co.id—Valhalla dalam mitologi Nordik adalah surga di mana pejuang mulia yang gugur tinggal bersama Odin terletak di alam Asgard. Hanya yang paling berani dan berbakat yang dipilih untuk tinggal di tempat kemuliaan yang mewah ini. 

Valhalla dikenal sebagai negeri di mana terdapat banyak makanan dan minuman, terutama madu dan daging, kegemaran favorit para pejuang. 

Siapa yang Memutuskan Akan Diterima di Valhalla?

Tanah Valhalla dikenal suci dan merupakan salah satu tempat paling terhormat untuk diterima di akhirat. Diperkirakan ada beberapa kriteria yang memungkinkan seseorang untuk masuk ke Valhalla dan menjadi einherjar.

Einherjar adalah prajurit paling elit yang meninggal dalam kematian yang mulia dan diizinkan memasuki Valhalla.

Kata, 'einherjar' diketahui berarti bertarung sendirian. Ini mungkin karena sifat menakutkan dari orang-orang ini, kekuatan dan kekuasaan yang mereka miliki serta pengakuan atas kemampuan masing-masing orang untuk bertahan dalam pertempuran – kualifikasi penting mengingat pertempuran mereka yang ditakdirkan di Ragnarök.

Kisah lain dalam mitologi Nordik menyebut bahwa persyaratan untuk diterima di Valhalla, seseorang harus mati dengan kejam. Selama bertahun-tahun, ada kesalahpahaman bahwa hanya mati di tangan orang lain, atau mati setelah pertarungan atau perjuangan sudah cukup untuk diterima di Valhalla tetapi kisah kematian Baldur membuktikan bahwa ini tidak benar.

Diyakini bahwa seseorang dapat memasuki Valhalla jika mereka adalah pejuang. Namun, ada juga laporan tentang prajurit yang meninggal dan tidak dapat masuk ke Valhalla. Diperkirakan ini sebagian karena Odin memiliki keputusan akhir tentang siapa yang menjadi einherjar.

Meskipun pasti banyak yang diterima di dunia ini, ada kualitas tertentu yang harus dijunjung tinggi karena Odin membutuhkan para prajurit ini untuk mendukungnya dalam pertempuran melawan Fenrir selama Ragnarök.

Penunggu Valhalla

Odin dan Valkyrie akan mengawasi pertempuran dan memilih hasil sebelum pedang pertama disilangkan. Valkyrie dianggap sebagai roh wanita cantik yang membantu menunggu einherjar begitu mereka tiba di Valhalla. Inilah mengapa mereka disebut 'pemilih yang jatuh.' Namun, nama ini juga memiliki arti kedua.

Mitologi Nordik memberi tahu kita bahwa Valkyrie bersama Odin memilih siapa yang akan memenangkan pertempuran dan siapa yang akan mati dalam pertempuran sebelum sesuatu terjadi. Mereka menganyam nasib orang-orang di medan perang bersama dengan usus manusia, menggunakan kepala sebagai pemberat dan pedang sebagai pemukul.