Deretan Perintah Gila Elagabalus, Hingga Jadi Kaisar Romawi Terburuk

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 17 Mei 2023 | 10:00 WIB
Rekonstruksi Elagabalus berdasarkan patungnya. Banyak perintah gila alias tak masuk akal dari Kaisar Elagabalus sehingga membuat dirinya dijuluki Kaisar Romawi terburuk. (Ichi.pro)

Nationalgeographic.co.id—Elagabalus bisa dibilang menjadi Kaisar Romawi kuno terburuk sepanjang masa. Hal ini lantaran banyak penyimpangan yang dia lakukan. Mulai dari sikap pada pengabdian agama dan Tuhannya, percintaan hingga aturan pemerintahan yang aneh selama dia menjabat.

Penyimpangan Agama

Dia mewujudkan Tuhannya sebagai batu hitam berbentuk kerucut, yang mungkin adalah meteorit. Bahkan setelah Elagabalus menjadi kaisar, dia tidak menunjukkan banyak minat pada pemerintahannya. Sebaliknya dia tetap terlibat dalam ritual pengorbanan dan tarian untuk waktu yang lama.

Suatu kali, Elagabalus mengirim potret diri yang sangat besar ke Roma sebelum kedatangannya. Nampak pajangan tersebut dia sedang menari dengan eksotis sambil mengenakan jubah imamatnya, dan tiara permata. Dia memerintahkan ini untuk dipajang di gedung Senat.

Punya Banyak Pasangan

Kepentingan Elagabalus sedemikian rupa sehingga seolah-olah hanya ada untuk menimbulkan kemarahan. Dia menyinggung seluruh penduduk dengan menikahi Perawan Vestal, menceraikannya, dan kemudian menikahinya lagi.

Bahkan, ia telah menikah secara resmi dan mempunyai 6 istri dalam kurun waktu empat tahun. Di sisi lain, dia juga memiliki pasangan seksual yang tak terhitung jumlahnya. 

Hobi Mengadakan Pesta Aneh

Elagabalus juga dikenal karena pestanya yang aneh. Suatu kali, dia mengadakan makan malam di mana dia menyajikan 600 kepala burung unta. Dalam contoh lain, dia menampilkan hal-hal seperti lidah merak, tumit unta, dan otak flamingo.

Dia diduga memberi makan hewan peliharaannya sendiri secara eksklusif dengan hati angsa. Dia juga dikenal kadang-kadang menyajikan makanan asli untuk dirinya sendiri dan makanan kaca, kayu, atau batu untuk tamunya. 

Dia suka memberi tamu sendok yang diukir dengan hadiah yang akan mereka terima, yang bisa berkisar dari yang tak ternilai, seperti emas, hingga yang tidak berharga, seperti anjing mati, atau lalat.

Suka Memerintah Stafnya dengan Hal Konyol