Ketidakadilan Pembagian Kelas Budak dalam Sejarah Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 29 Mei 2023 | 11:00 WIB
Orang-orang kaya Athena sangat bergantung pada budak, sedemikian rupa sehingga Aristoteles menyebut mereka ktêma empsuchon, sebuah properti yang bernafas dalam sejarah Yunani kuno. (Haris vythoulkas)

Nationalgeographic.co.id—Perbudakan adalah kondisi ideal bagi sebagian orang dalam sejarah Yunani kuno. Kemiskinan dan penyakit begitu lazim pada masa itu sehingga orang lebih suka menjadi budak orang kaya agar mereka dapat bertahan dari kesulitan.

Hal ini memberi mereka tingkat keamanan ekonomi di dunia yang dilanda kemiskinan itu. Apakah semua budak diperlakukan dengan cara yang sama? Begini fakta pembagian kelas budak dalam sejarah Yunani kuno.

Mengenal Sejarah Yunani Kuno Budak Domestik

Budak rumah tangga di Yunani kuno akan melakukan segala sesuatu di sekitar rumah, termasuk memasak, berkebun, bersih-bersih, mencuci, membaca, menulis, merawat bayi, dan orang sakit.

Mereka juga mengawal tuan mereka, membawa dan menyampaikan pesan, bertindak sebagai teman perjalanan, dan melakukan hampir semua hal yang harus dilakukan di rumah. 

Karena para budak dianggap sebagai properti yang bernafas, kualitas hidup mereka hanya bergantung pada keberuntungan mereka. Jika mereka cukup beruntung untuk diakuisisi oleh tuan atau nyonya yang baik hati dan manusiawi, mereka mungkin akan diperlakukan sebagai anggota keluarga, tentu saja, dengan batasan yang ketat. 

Budak akan dimasukkan ke dalam keluarga melalui upacara khusus. Itu mirip dengan upacara bayi yang baru lahir untuk dimasukkan ke dalam keluarga dalam budaya Yunani kuno.

Budak rumah tangga ini kemungkinan besar akan memperkuat ikatan mereka dengan majikan mereka.

Salah satu hubungan dekat tersebut digambarkan dalam Odyssey. Salah satunya kisah dalam hubungan antara Odysseus dan perawatnya, Eurycleia.

Mereka begitu dekat sehingga ketika Odiseus kembali dari Ithaca dengan menyamar sebagai pengemis, dia melihat bekas luka di pahanya. Dia sangat dipercaya oleh Odysseus dan keluarganya karena dia lahir bebas, dan ditangkap dan dijual oleh bajak laut. 

Meskipun ada banyak kasus di mana tuan tidak sepenuhnya puas dengan layanan budak mereka, mereka cenderung memenangkan hati tuan atau gundik mereka. Ini terutama benar jika mereka telah bersama mereka sejak kecil sebagai perawat atau tutor mereka. 

Tanda lain yang menunjukkan bahwa para budak adalah bagian dari keluarga adalah bahwa mereka dikuburkan di petak-petak keluarga.