Cara Hindari Ketergantungan Ekspor Impor Pasir Tambang: Daur Ulang

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 1 Juni 2023 | 09:00 WIB
Tambang pasir punya dampak yang buruk pada lingkungan, tetapi dunia sangat bergantung padanya. UNEP menawarkan solusi yang lebih ramah lingkungan. (David Martin)

Nationalgeographic.co.id—Penambangan pasir punya manfaat dalam kehidupan manusia ketika diekstraksi. Selain digunakan sebagai tanah rekayasa (reklamasi), pemanfaatannya bisa untuk pembangunan rumah, sekolah, jalanan, pembuatan kaca, komputer, bahkan cip elektronik.

Semua manfaat itu ada ganjarannya, kerusakan lingkungan. Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) lewat laporan April 2022 mengungkapkan, 40 dan 50 miliar ton pasir diekstraksi dari danau, sungai, dan pantai di seluruh dunia tiap tahunnya. Dengan demikian, pasir menjadi sumber daya alam kedua yang paling banyak dieksploitasi.

Dampaknya mulai dari lingkungan hingga planet ini. Penambangan pasir membuat habitat rusak, mengotori sungai, dan mengikis pantai. Hal ini berdampak bagi manusia dengan hilangnya tanah sebagai tempat tinggal karena naiknya permukaan laut akibat abrasi, ditambah krisis iklim.

Di seluruh dunia, aktivitas tambang pasir punya dampak buruk. Dalam makalah di Nature tahun 2019, penambangan pasir membuat ekosistem Sungai Gangga terganggu. Buaya yang biasa menjadi predator di sungai tersebut, terancam punah dan kini tersisa 250 ekor dewasa.

Tepian Sungai Mekong mengalami erosi, menyebabkan berbagai bangunan penduduk ikut runtuh. Hal ini membuat setengah juta orang harus meninggalkan tempat tinggalnya.

Di Indonesia, Pulau Nipa sering tenggelam karena abrasi. Pulau ini kerap menjadi sumber daya pasir tambang untuk diekspor ke Singapura, negara tetangga yang gencar melakukan reklamasi.

"Peradaban kita betul-betul dibangun di atas pasir. Jika seluruh pembangunan kami bergantung pada pasir, itu harus diakui sebagai bahan yang strategis," kata Pascal Peduzzi, direktur GRID-Jenewa (Database Informasi Sumber Daya Global) di dalam rekomendasi UNEP untuk menyelesaikan masalah ini secara global.

Seperti artikel National Geographic Indonesia sebelumnya, pasir laut, sungai, dan danau punya kualitas yang bagus untuk infrastruktur. Berbeda dengan pasir gurun seperti Sahara dan Gobi yang terlalu halus, sulit untuk menggumpal dalam pengolahan, dan rentan hancur ketika dijadikan bahan pembangunan. Selain itu, harga jualnya sangat tinggi di pasar ekspor-impor.

Bahkan, melansir DW, negara berpasir di Timur Tengah seperti Arab Saudi pun harus mengimpor pasir dari Kanada dan Australia. Gedung pencakar langit Uni Emirat Arab, Burj Khalifa pun dibangun dengan pasir impor.

Aktivitas penambangan pasir di laut dan sungai menyebabkan kerusakan lingkungan. Setelah sempat menutup ekspor pasir tahun 2007, Indonesia dinilai membukanya kembali lewat peraturan baru. (Derek Harper/Geograph)

Kesadaran tentang bahayanya penambangan pasir terhadap lingkungan memang ada lewat peraturan di berbagai negara. Hanya saja, peraturan tersebut diterapkan di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika Serikat.

Sementara, menurut studi di jurnal Science tahun 2017, negara-negara berkembang seperti Vietnam, Kamboja, India, dan Kenya, yang sangat bergantung pada sumber daya pasir. Mereka membutuhkan eksploitasi ini demi perekonomiannya, tetapi mengorbankan pelestarian lingkungan.