Ini Wanita Eropa Pertama dalam Sejarah Ruang Angkasa yang Memimpin ISS

By Wawan Setiawan, Sabtu, 3 Juni 2023 | 13:19 WIB
Samantha Cristoforetti di Stasiun Luar Angkasa Internasional. (ESA)

Nationalgeographic.co.id - Samantha Cristoforetti dari Italia, tercatat dalam sejarah ruang angkasa menjadi wanita Eropa pertama yang mengambil alih komando Stasiun Luar Angkasa Internasional selama upacara yang disiarkan langsung dari luar angkasa pada saat itu.

Selama upacara santai, kosmonaut Rusia Oleg Artemyev menyerahkan kunci emas kepada Cristoforetti, melambangkan bahwa dia adalah komandan baru stasiun luar angkasa sampai dia mendarat dengan selamat kembali ke Bumi pada 14 Oktober 2022.

"Meskipun ada badai di Bumi, kerja sama internasional kita terus berlanjut," tutur Artemyev, yang tampaknya membuat referensi ruang angkasa yang langka untuk perang di Ukraina.

Lahir 26 April 1977 di Milan, Italia, Samantha Cristoforetti adalah pembaca yang rajin dengan hasrat untuk sains dan teknologi, dan minat yang sama dalam kemanusiaan. Dia senang belajar bahasa asing dan kadang-kadang menemukan waktu untuk mendaki, menyelam, atau berlatih yoga.

Cristoforetti terpilih sebagai astronaut ESA pada Mei 2009. Dia bergabung dengan ESA pada September 2009, dan menyelesaikan pelatihan astronaut dasarnya pada November 2010. Dia kemudian ditugaskan sebagai astronaut cadangan ESA, yang memungkinkannya mendapatkan kualifikasi awalnya di EVA dan robotika, serta sertifikasi sebagai insinyur penerbangan pesawat ruang angkasa Rusia Soyuz.

Tercatat dalam sejarah ruang angkasa, Cristoforetti menjadi wanita Eropa pertama yang memimpin ISS. (ESA)

Cristoforetti, astronaut Badan Antariksa Eropa berusia 45 tahun dan mantan pilot angkatan udara Italia, tiba untuk tur keduanya di ISS pada bulan April 2022.

Dia memegang rekor sebagai seorang wanita yang tinggal terlama di luar angkasa setelah menghabiskan 199 hari di orbit pada tahun 2014 dan 2015.

Dia adalah wanita kelima—dan wanita non-AS pertama—yang menjadi komandan sejak peran tersebut dibuat pada tahun 2000.

Stasiun luar angkasa, yang lama menjadi simbol hubungan lebih dekat pasca-Perang Dingin antara Rusia dan Amerika Serikat, berada dalam posisi yang sulit sejak Moskow menginvasi Ukraina pada Februari.

Moskow menanggapi dengan kemarahan atas sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya atas perang tersebut dan ISS telah menjadi salah satu bidang kerja sama terakhir yang tersisa antara Rusia dan Barat.

Artemyev memuji karya 10 orang di stasiun luar angkasa—empat orang Amerika, lima orang Rusia, dan Cristoforetti.