Sejarah Crop Circle dan Mengapa Dikaitkan dengan Alien dan UFO?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 10 Juni 2023 | 09:30 WIB
Crop circle yang rumit ditemukan di ladang jelai di Wiltshire, Inggris. Sejarah crop cirlce membuktikan bahwa itu adalah karya seni manusia. (Apex Pictures)

Nationalgeographic.co.id—Kita semua jelas sudah tahu, bahwa lingkaran tanaman atau yang dikenal dengan crop circle sebenarnya bukanlah misteri. Dalam sejarah crop circle, kita menemukan banyak bukti, bahwa itu semua adalah bentuk-bentuk seni lanskap luas yang dibuat oleh manusia.

Namun, meski sudah ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa itu semua adalah buatan manusia, beberapa orang masih mengaitkannya dengan alien dan UFO. Mereka meyakini bahwa bentuk tersebut adalah pesan asing dari luar angkasa. Jadi mengapa crop circle selalu dikaitkan dengan alien dan UFO?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus kembali jauh ke belakang, melihat sejarah crop circle pertama kali muncul ke permukaan. Kita harus tahu kisah Bower dan Chorley, sepasang sahabat yang tinggal di dekat Winchester, Inggris, pada tahun 1978.

Pada suatu ketika, kedua sahabat ini sedang duduk di sebuah pub, "bertanya-tanya apa yang bisa kami lakukan untuk sedikit tertawa," kata Chorley kepada majalah TIME pada tahun 1991.

Mereka terinspirasi oleh laporan pendaratan UFO sebelumnya. Kegemaran publik pada perbincangan mengenai alien dan UFO pun makin populer di akhir tahun 1970-an, setelah pensiunan perwira Angkatan Udara memberikan wawancara tentang insiden Roswell. Dia mengklaim bahwa sesuatu yang luar angkasa telah jatuh di gurun New Mexico pada tahun 1947.

Dan setelah mengumpulkan bantuan, Bower dan Chorley akhirnya memutuskan untuk membuat situs pendaratan UFO palsu mereka sendiri.

Mereka melengkapi diri mereka dengan beberapa papan, tali, dan lilitan kawat yang ditempelkan pada pinggiran topi bisbol untuk menempatkan pola mereka, Bower dan Chorley menuju ke lapangan dan mulai membuat sebuah mahakarya.

Tidak ada yang memperhatikan. Faktanya, keduanya harus melakukan banyak perampokan ke pedesaan Inggris selatan selama beberapa tahun sebelum crop circle yang baru mereka temukan diperhatikan oleh media global.

Begitu ceritanya mengglobal, dan penggemar UFO mulai berbondong-bondong muncul, para seniman itu tampil ke depan dan mengakui tipuan mereka.

Berdasarkan sejarah crop circle, hal tersebut telah menjadi bentuk seni lanskap dan objek wisata. Anggapan tanda khusus tersebut sebagai artefak luar angkasa tidak lagi sekuat dulu, meskipun masih ada orang-orang yang meyakininya, yang dijuluki "croppies," masih menganggap alien bertanggung jawab atas setidaknya beberapa crop circle.

Hari-hari ini, para pemasar dan pengiklan lebih mungkin menjadi pelakunya. Crop circle telah digunakan untuk mengiklankan olimpiade dan chip komputer.

Laporan pertama tentang crop circle diduga berasal dari buku tahun 1678. (Live Science)