Sejarah Mesir: Firaun Khufu, Sosok di Balik Pembangunan Piramida Giza

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 11 Juni 2023 | 10:00 WIB
Khufu adalah firaun yang memerintahkan untuk membangun Piramida Agung Giza dalam sejarah Mesir kuno. (ArchaiOptix)

Nationalgeographic.co.id – Khufu adalah firaun dari Dinasti Keempat yang memerintahkan untuk membangun Piramida Agung Giza dalam sejarah Mesir kuno.

Sebagai mahkota kemuliaan pekuburan Giza, dikatakan bahwa bangunan tersebut adalah piramida pertama yang dibangun di situs tersebut dan berdiri sebagai struktur buatan manusia tertinggi di planet ini selama lebih dari 3.800 tahun.

Khufu lahir pada milenium ke-3 SM, Khufu (juga dikenal sebagai Cheops) berasal dari keluarga besar kerajaan yang memerintah Mesir selama Dinasti Keempat.

Ibunya adalah Ratu Hetepheres I dan ayahnya Raja Sneferu, pendiri Dinasti Keempat. Meskipun begitu, beberapa peneliti berpendapat bahwa dia mungkin adalah ayah tirinya. 

Sebagai putri Huni, firaun terakhir dari Dinasti Ketiga, pernikahan Hetepheres dengan Sneferu menggabungkan dua garis keturunan bangsawan besar dan membantu memperkuat posisinya sebagai firaun dari dinasti baru, serta mengamankan tempat Khufu di garis suksesi.

Meski sering dikenal dengan versi singkatnya, nama lengkap Khufu adalah Khnum-khufwy. Ini terjadi setelah dewa Khnum, salah satu dewa paling awal yang diketahui dalam sejarah Mesir kuno.

Khnum adalah penjaga sumber sungai Nil dan pencipta anak manusia. Saat ketenarannya tumbuh, orang tua Mesir kuno mulai memberi anak-anak mereka nama-nama teoforik yang berhubungan dengannya.

Dengan demikian, nama lengkap Khufu muda berarti: “Khnum adalah Pelindungku” dalam sejarah Mesir kuno.

Pemerintahan Khufu umumnya bertanggal 23 tahun antara 2589-2566 SM, meskipun panjang persisnya tidak diketahui.

Beberapa sumber tertanggal dari pemerintahan Khufu semuanya mengelilingi kebiasaan Mesir kuno yang umum namun membingungkan, yaitu penghitungan ternak.

Sejarawan tidak yakin apakah penghitungan ternak diadakan setiap tahun atau dua kali setahun selama masa pemerintahan Khufu, sehingga sulit untuk mengukur kerangka waktunya.

Dari bukti catatan sejarah Mesir kuno, ia mungkin telah memerintah selama setidaknya 26 atau 27 tahun, mungkin lebih dari 34 tahun, atau selama 46 tahun.