Kappa, Monster Air dalam Mitologi Jepang yang Memiliki Kekuatan Magis

By Wawan Setiawan, Senin, 19 Juni 2023 | 18:30 WIB
Kappa makhluk mitologi Jepang meniru kura-kura di manga Hokusai karya Katsushika Hokusai (Sketsa oleh Hokusai). (Courtesy Hyōgo Prefectural Museum of History)

Nationalgeograpgic.co.id—Di perairan Jepang mengintai makhluk yang misterius sekaligus menakutkan, makhluk tersebut bernama Kappa. Kappa adalah makhluk mitologi Jepang yang aneh dan diduga memiliki kekuatan magis yang bisa digunakan untuk kebaikan maupun kejahatan.

Sayangnya, Kappa lebih suka menggunakan bakatnya untuk mempermainkan manusia atau menyerang mereka dengan kasar.

Meskipun banyak yang menolak untuk mempercayai keberadaan Kappa, konon masih banyak beberapa orang yang melihat penampakannya hingga saat ini, terutama di pedesaan Jepang. Nyatanya, penduduk setempat masih memasang tanda peringatan di dekat badan air yang diduga sering dikunjungi oleh Kappa.

Kappa adalah monster mitologi Jepang yang dikatakan menghuni kolam dan sungai di Jepang. Makhluk aneh ini dikatakan memiliki penampilan humanoid dan reptile, serta berkepribadian sangat licik. Kappa memiliki lebih dari 80 nama yang berbeda, meskipun yang paling umum adalah kawappa, gawappa, dan kawaso.

Kappa dianggap sejenis suijin (dewa air) yang mendiami wilayah air tawar Jepang.

Menurut legenda, Kappa gemar membuat onar dan bahkan mencelakai manusia. Lelucon Kappa dapat terwujud dalam bentuk lelucon yang tidak berbahaya seperti membuat suara yang mirip dengan perut kembung atau melihat ke atas kimono wanita. Namun, beberapa Kappa lebih kejam dan diketahui mencoba menenggelamkan ternak, menculik dan memakan anak-anak, serta melakukan pelecehan seksual terhadap wanita.

Ilustrasi ini berasal dari pertengahan abad ke-19 menggambarkan 12 Jenis Kappa. (Wikimedia Commons)

Meskipun Kappa umumnya dianggap sebagai kekuatan yang harus ditakuti, ada beberapa contoh di mana Kappa juga dianggap murah hati. Meskipun hal ini paling sering terjadi ketika Kappa berhutang budi kepada manusia.

Beberapa catatan paling umum tentang Kappa yang ramah adalah legenda Jepang awal yang menghubungkan pengetahuan tentang pengaturan tulang dan salep medis yang diajarkan kepada manusia oleh Kappa yang ramah.

Perwujudani Kappa bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, tetapi sebagian besar detailnya serupa. Kappa dikatakan seukuran anak kecil (tingginya tidak pernah lebih dari 1,5 meter) dan memiliki kerangka yang relatif kecil.

Faktanya, kata 'Kappa' sendiri sebenarnya jika diterjemahkan secara kasar menjadi 'anak air'. Tangan dan kaki mereka berselaput dan dikatakan memiliki kemampuan berenang yang sangat luar biasa.

Kappa juga memiliki kulit bersisik, mirip dengan reptil. Warna kulit mereka bervariasi, tetapi konon berwarna kuning, hijau, dan biru. Kappa dikatakan memiliki sosok humanoid dengan tempurung kura-kura di punggungnya.