Mnemosyne. Dewi Ingatan Buat Zeus Tergila-gila di Mitologi Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 25 Juni 2023 | 13:00 WIB
Mnemosyne adalah dewi ingatan dalam mitologi Yunani kuno. (Greek Legends)

Nationalgeographic.co.id – Mnemosyne adalah dewi ingatan dalam mitologi Yunani kuno. Dia merupakan salah satu Titan dari dua belas anak dewa dari dewi bumi Gaia dan dewa langit Uranus. Mnemosyne sangat dicintai Zeus hingga membuat sang dewa rela menyamar hingga keduanya memiliki sembilan anak.

Istilah Mnemosyne berasal dari sumber yang sama dengan kata mnemonik, yaitu kata Yunani mnēmē, yang berarti ingatan. Mengingat merupakan keterampilan penting di Yunani kuno. Hal ini lantaran ingatan mendahului bahasa tertulis, dan merupakan satu-satunya cara mengingat apa yang telah diucapkan atau melacak sesuatu.

Mnemosyne diberi tugas penting untuk menamai semua objek di Bumi dalam mitologi Yunani kuno. Jadi, dia juga dipuji karena memberi manusia kemampuan untuk bercakap-cakap dan bernalar. Dia dianggap sebagai dewi paling kuat pada masanya.

Mnemosyne memiliki enam saudara laki-laki, Cronus, Oceanus, Hyperion, Iapetus, Crius dan Coeus, dan lima saudara perempuan, Rhea, Phoebe, Theia, Themis dan Tethys.

Pada saat Mnemosyne lahir, Uranus adalah dewa tertinggi kosmos, tetapi Gaia berkomplot melawannya. Gaia meminta bantuan anak-anaknya, khususnya para Titan laki-laki untuk membantunya.

Pada akhirnya Cronus menggunakan sabit untuk mengebiri ayahnya. Kemudian, dewa Titan inilah yang mengambil posisi dewa tertinggi.

Cronus memerintah bersama dewa Titan lainnya, yang kemudian menjadi Zaman Keemasan mitologi Yunani. Nama Mnemosyne biasanya diterjemahkan sebagai "memori", dan lingkungan pengaruh inilah yang terkait dengan Titanide.

Dari Menmoysne akan muncul kemampuan untuk mengingat, menggunakan daya nalar, dan menggunakan bahasa. Oleh karena itu, pada akhirnya ucapan juga berhubungan dengannya.

Bangkitnya Zeus dan dewa-dewa Olympian lainnya mengakhiri kekuasaan Zaman Keemasan Titan. Sebuah perang, Titanomachy menyaksikan perpindahan kekuasaan dari Cronus ke Zeus. Titanomachy adalah perang 10 tahun, meskipun para Titan wanita, termasuk Mnemosyne, tidak ambil bagian dalam pertempuran tersebut.

Akibatnya, ketika perang berakhir, sementara para Titan laki-laki dihukum pada tingkat yang lebih rendah atau lebih besar. Mnemosyne dan saudara perempuannya diizinkan untuk tetap bebas, meskipun peran mereka di kosmos sebagian besar diambil alih oleh generasi baru dewa dan dewi Yunani.

Zeus benar-benar menjunjung tinggi sebagian besar Titan wanita, dan memang, sifat bernafsu Zeus, melihatnya mengejar mereka. Salah satu rumah Mnemosyne berada di wilayah Pieria, dekat Gunung Olympus.

Di sinilah Zeus merayu Dewi Kenangan. Selama sembilan malam berturut-turut, dewa petir itu berbohong dengan Mnemosyne. Zeus menyamar sebagai seorang gembala, dengan rencana untuk merayunya. Mereka tinggal bersama selama sembilan malam sebelum dia pergi untuk kembali ke Gunung Olympus.