Typhon, Sosok ‘Ayah Semua Monster’ Mengerikan dalam Mitologi Yunani

By Wawan Setiawan, Minggu, 2 Juli 2023 | 16:12 WIB
Ilustrasi sosok Typon, ayah semua monster mengerikan dalam mitologi Yunani. (History Thrill)

Nationalgeographic.co.id - Setelah sebelumnya dibahas ‘Ibu Semua Monster’ yang ada di mitologi Yunani, kini yang akan dibahas adalah ‘Ayah Semua Monster’.

Sangat jarang sosok dewa yang juga menjadi monster, tapi itulah Typhon. Besar, berbisa, bernapas api, dan kejam, Typhon adalah monster yang paling ditakuti dalam semua mitologi Yunani. Segera setelah kelahirannya, dia bahkan menantang dewa Zeus untuk mendapatkan hak memerintah semua dewa—dan dia hampir saja menang!

Typhon, dalam mitologi Yunani, digambarkan sebagai monster mengerikan dengan kepala seratus naga yang ditaklukkan dan dibuang ke dunia bawah oleh Zeus.

Dia dikenal dengan banyak nama—Typhon, Typhaon, Typheous, Typhos dan Typho—tetapi nama apa pun yang Anda gunakan untuk menggambarkannya, dia adalah makhluk yang paling mengerikan dan menakutkan dari semuanya.

Ada banyak deskripsi tentang Typhon, tetapi berikut adalah gambaran penampilannya.

Dia sejauh ini adalah yang terbesar dari semua makhluk mitologi Yunani. Typhon adalah raksasa yang setinggi bintang. Tangannya membentang ke timur dan barat dan bukannya kepala manusia, dia memiliki seratus kepala naga yang muncul dari leher dan bahunya.

Ilustrasi monster paling mengerikan dalam mitologi Yunani, Typhon. (Wenceslas Hollar/Wikipedia)

Setengah bagian bawahnya adalah gulungan ular viper raksasa yang ketika direntangkan sepenuhnya dapat mencapai bagian atas kepalanya dan mengeluarkan suara mendesis yang konstan.

Seluruh tubuhnya ditutupi sayap dan matanya menyala dengan api. Typhon begitu kuat sehingga dia membuat ketakutan bahkan pada dewa Olympian.

Selain sebagai monster, Typhon juga seorang dewa. Dia adalah putra terakhir Gaia (Bumi) dan Tartarus (dunia bawah). Baik Gaia dan Tartarus adalah dewa dan dianggap sebagai dewa yang sangat kuat.

Versi lain dari kelahiran Typhon adalah bahwa dia adalah anak dari dewi Hera, tetapi lebih umum dipercaya bahwa Hera meminta Gaia dan Tartarus untuk menghasilkan dewa yang lebih kuat dari Zeus.

Pertempuran dengan Zeus