Kabar Pesisir, Selidik Bagaimana Kondisi Laut Indonesia Memengaruhi Iklim Sekitarnya

By Utomo Priyambodo, Senin, 3 Juli 2023 | 11:13 WIB
Peta gambaran bagaimana kondisi laut Indonesia bisa memengaruhi kondisi iklim lokal dan iklim wilayah tropis di sekitarnya. ( Journal of Geophysical Research: Oceans (2023))

Nationalgeographic.co.id—Ternyata kondisi laut Indonesia bisa memengaruhi kondisi iklim wilayah tropis di sekitarnya. Sebuah studi baru mencoba menyelidiki seberapa kuat pengaruh ini.

Selama bertahun-tahun para ilmuwan telah mengetahui bahwa sebagai bagian dari sirkulasi laut global, air hangat di lapisan atas mengalir dari Samudra Pasifik ke Samudra Hindia melalui Kepulauan Indonesia.

Aliran air laut yang melalui Nusantara ini, yang dikenal sebagai Arus Lintas Indonesia, bukanlah aliran yang stabil atau aliran tunggal. Sebab, aliran air ini mengarungi berbagai lautan, selat, dan jalur.

Baru-baru ini sekelompok peneliti menerbitkan sebuah makalah studi di Journal of Geophysical Research: Oceans.

Studi tersebut menyelidiki peran pusaran arus atau efek arus eddy dalam menentukan jalur dan waktu transit aliran air yang melalui wilayah laut utama ini. Dinamika pusaran arus laut ini pada akhirnya memengaruhi iklim wilayah tersebut.

Para peneliti dalam studi ini berasal dari University of Hawaiʻi at Mānoa (UH Mānoa), Tohoku University, Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology, Kyushu University serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Karena suhu permukaannya yang hangat, lautan di Kepulauan Indonesia merupakan daerah berkembangnya konveksi dalam di atmosfer yang menjadi jantung sirkulasi atmosfer secara keseluruhan di daerah tropis tersebut.

Perilaku Arus Lintas Indonesia dianggap sebagai faktor yang menentukan suhu permukaan laut di wilayah tersebut. Hal ini berpengaruh terhadap fenomena iklim seperti peristiwa El Niño.

M. Riza Iskander, penulis utama studi ini, menghabiskan waktu berbulan-bulan di International Pacific Research Center di School of Ocean and Earth Science and Technology (SOEST) UH Mānoa sebagai bagian dari program mahasiswa pascasarjana yang diawasi bersama Tohoku University-UH.

Selama di SOEST, Iskander bersama spesialis pemodelan laut Yanli Jia, dan profesor oseanografi Kelvin Richards, bersama rekan-rekan penulisnya, menggunakan model sirkulasi umum laut beresolusi tinggi. Model ini untuk melacak simulasi partikel dalam aliran fluida Arus Lintas Indonesia (Indonesian Throughflow) dan mencatat di mana dan kapan sifat air berubah.

Pengaruh pada arus Indonesia

Dalam studi ini para peneliti mengeksplorasi peran variabilitas aliran dalam jalur Arus Lintas Indonesia dan waktu transitnya melalui lautan utama. Efeknya sangat bervariasi tergantung pada rutenya.