Prajurit Wanita Amazon dalam Mitologi Yunani Ternyata Kisah Nyata

By Utomo Priyambodo, Selasa, 4 Juli 2023 | 18:00 WIB
Ukiran yang menggambarkan pertempuran antara prajurit Yunani kuno dengan prajurit wanita Amazon dan kisah itu diabadikan dalam mitologi Yunani. (Colin/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu mitos paling populer dan abadi dari semua mitologi Yunani adalah tentang prajurit wanita Amazon.

Nyatanya, ide itu sangat populer dengan kepekaan modern sehingga karakter Wonder Woman memasukkan mitologi itu ke dalam asalnya.

Kisah prajurit wanita Amazon dan mitos dunia kuno lainnya masih menginspirasi kita hingga hari ini dalam sastra dan budaya pop.

Kita cenderung menerima begitu saja bahwa apa yang disebut sejarah sebagai mitos, tidak lebih dari itu.

Meskipun ada orang yang sangat percaya bahwa setiap mitos memiliki dasar dalam kenyataan, tidak banyak yang dilakukan untuk menyelidiki klaim tersebut dan membuktikan apakah itu benar atau salah.

Kadang-kadang memang terjadi bahwa kita menemukan bukti yang membuktikan bahwa sebuah cerita kuno bukan hanya khayalan yang dibuat oleh seseorang yang menulis fiksi.

Cerita kuno atau mitologi kuno itu ternyata berdasarkan atas kejadian atau peristiwa nyata.

Kisah prajurit wanita Amazon dari mitologi Yunani adalah salah satu yang ternyata nyata. Bukti-bukti arkeologi yang belakangan ditemukan menguatkan kebenaran cerita tersebut.

Menurut cerita dalam mitologi Yunani, Amazon adalah masyarakat wanita pejuang yang tinggal di Asia kecil, atau Turki modern. Mereka bertarung dengan kekuatan dan keganasan untuk menyaingi siapa pun.

Selama bertahun-tahun diyakini bahwa ini hanyalah dongeng khayalan. Gagasan tentang seluruh masyarakat pejuang wanita sama sekali tidak masuk akal.

Bagaimana wanita bisa bertahan hidup tanpa laki-laki? Bagaimana mereka bisa menyaingi tentara lain dalam pertempuran?

Nah, itu adalah sesuatu yang harus dikerjakan oleh para antropolog, sejarawan, dan arkeolog karena ternyata prajurit wanita Amazon itu benar-benar nyata.