Inilah Sembilan Muse Mitologi Yunani, Wanita-Wanita Anggun dan Indah

By Ricky Jenihansen, Rabu, 5 Juli 2023 | 19:00 WIB
Para Muse dalam mitologi Yunani adalah dewi-dewi anak Zeus yang menjadi sumber inspirasi seni dan keindahan. (Hobbe Smith)

Nationalgeographic.co.id—Dalam mitologi Yunani, ada yang namanya 9 Muse yang merupakan inspirasi untuk semua seni dan keindahan. Muse adalah putri dari Zeus dan Mnemosine, mereka adalah dewi-dewi sahabat sensual dewa Apollo.

Para Muse memulai hidup mereka sebagai nimfa dalam mitologi Yunani. Mereka bermanifestasi sebagai bisikan di telinga orang-orang yang memanggil mereka.

Penulis kuno Hesiod dalam World History Encyclopedia menyebut mereka di seluruh dunia sebagai sembilan renungan: Calliope, Clio, Erato, Euterpe, Melpomene, Polyhymnia, Thalia, Terpsichore, dan Urania.

Para Muse merupakan bagian integral dari perkembangan artistik Yunani kuno. Para penyair berusaha memanggil para Muse, yang mereka yakini akan merespons dengan memberi mereka inspirasi untuk karya mereka.

Orang Yunani kuno menyembah Muse sampai Kristen menjadi agama dominan di Eropa. Setiap Muse dikaitkan dengan bentuk seni dan pengetahuannya yang unik.

Dewa Apollo dikelilingi para Muse. (Jhon Singer Sargent)

Berikut 9 Muse yang sangat dikenal dalam mitologi Yunani itu.

1. Calliope: “Yang bersuara indah”

Muse Calliope (Charles Meyner/Public Domain)

Calliope adalah yang tertua dari para Muse dan Muse puisi epik dan kefasihan. Penulis Hesiod menekankan status Calliope adalah yang tertinggi di antara para Muse.

Ia mencatat bahwa dia "berjalan di antara raja-raja". Dia menikah dengan Eagro dan merupakan ibu dari Orpheus dan Linus.

Dia dijuluki "Yang bersuara indah" dalam mitologi Yunani sejak dia mengajarkan seni menyanyi kepada Achilles.