Cupid dan Psikhe, Kisah Cinta Menyentuh Hati dalam Mitologi Yunani

By Ricky Jenihansen, Jumat, 7 Juli 2023 | 10:00 WIB
Kisah cinta Cupid dan Psikhe adalah kisah yang sangat menyentuh hati dan mengharukan dalam mitologi Yunani. (Louvre Museum)

Nationalgeographic.co.idKisah cinta Psikhe dan Cupid yang dikenal juga dengan nama Eros, adalah kisah cinta yang sangat menyentuh hati dan mengharukan dalam mitologi Yunani.

Kisah cinta mereka telah mengilhami banyak senimal di seluruh dunia selama berabad-abad.

Dari pelukis Renaisans hingga pembuat film saat ini, kisah cinta Psikhe dan Cupid (atau "Eros") telah menjadi sumber inspirasi yang hebat.

Kisah cinta mereka telah ditampilkan dalam banyak karya seni hebat dalam banyak variasi.

Meskipun, menurut Greek Reporter, kisah cinta tersebut pertama kali ditulis oleh penulis Romawi Apuleius pada abad kedua M, kisah Psikhe dan Cupid ditemukan pada banyak karya seni Yunani kuno.

Hal itu menunjukkan bahwa cerita tersebut pertama kali diceritakan di Yunani kuno.

Banyak mitologi Yunani kemudian diadaptasi dan diceritakan kembali oleh penulis Romawi. Tapi seringkali sumber-sumber Romawi adalah satu-satunya versi tertulis dari mitos yang tersisa.

Beberapa cerita mungkin tidak pernah ditulis sama sekali di Yunani, atau salinan teks semacam itu telah hilang.

Menurut mitologi Yunani, Psikhe adalah wanita fana dengan kecantikan dan keanggunan yang luar biasa.

Kecantikannya menjadi legendaris, dan orang-orang dari seluruh dunia datang hanya untuk melihat kecantikannya Psikhe.

Namun Psikhe tidak menikah dengan siapa pun yang termasuk dalam legiun pengagumnya. Dia hanya ingin menikah dengan pria yang dia cintai dengan sepenuh hati.

Akan tetapi, orang tuanya ingin dia menikah secepat mungkin, dan meminta peramal, berharap mereka akan menemukan suami yang cocok untuk putri cantik mereka.